Pembaruan Huawei P20 Pro Nonaktifkan AI di Kamera

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Sep 2018 11:15 WIB
huawei
Pembaruan Huawei P20 Pro Nonaktifkan AI di Kamera
Huawei menggulirkan update berbekal kemampuan menonaktifkan dan mengaktifkan Master AI secara manual di P20 Pro.

Jakarta: Huawei menggulirkan update via Over-the-Air (OTA) berukuran 525MB kepada perangkat Huawei P20 Pro, berbekal patch August Android Security bersama perbaikan bug dan peningkatan minor untuk performa ponsel.

Update ini hadir dengan nomor kode CLT-L29 8.1.9.156 (C432). Untuk beberapa alasan, Huawei menggunakan update ini guna menonaktifkan Master AI pada kamera perangkatnya. Namun, GSM Arena melaporkan bahwa fitur Master AI ini masih dapat diaktifkan pengguna pada kamera P20 Pro secara manual.

Sebagai pengingat, Huawei P20 Pro berbekal setup tiga kamera dengan sensor RGB 40MP, sensor monokrom 20MP dan sensor telefoto 8MP. Kemampuan AI pada ponsel tertanam pada prosesor Kirin 970 yang menjadi otak utama P20 Pro.

Dengan AI, kamera dapat menganalisis gambar melalui lensa kamera dan mengubah pengaturan untuk menghasilkan hasil optimal. Menurut sejumlah pengguna Huawei P20 Pro, AI menghasilkan foto dengan saturasi warna berlebihan.

Hingga saat ini, Huawei masih enggan berbagi alasan di balik keputusannya menonaktifkan AI pada kamera perangkatnya. Keputusan ini diperkirakan sebagai bentuk umpan balik perusahaan asal Tiongkok ini guna meyakinkan pengguna mereka dapat menonaktifkannya secara manual.

Sebelumnya, selama satu bulan terakhir, Huawei secara drastis meningkatkan fokusnya di pasar Amerika Serikat dengan mengunggah sebanyak lebih dari 200 lowongan pekerjaan baru, mencakup sejumlah kategori berbeda seperti Sales Account Manager, Software Engineer dan OS Architect.

Lowongan pekerjaan ini diperkirakan menjadi upaya kedua Huawei dalam memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun mendatang dengan bantuan operator seluler, setelah mengalami kegagalan mencapai kesepakatan dengan AT&T pada awal tahun 2018.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.