Segudang Perubahan di Apple MacBook Pro Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 28 Oct 2016 10:32 WIB
applemacbook
Segudang Perubahan di Apple MacBook Pro Baru
MacBook Pro terbaru hanya dilengkapi dengan port Thunderbolt USB Type-C

Metrotvnews.com: MacBook Pro terbaru akhirnya dirilis.

MacBook Pro kali ini tampil sangat berbeda dengan pendahulunya. Hampir seluruh fitur yang tampak langsung pada MacBook Pro sebelumnya kini tergantikan dengan fitur baru, salah satunya adalah layar sentuh kedua di bagian atas keyboard. Apple menyebutnya dengan nama Touch Bar. 

Layar sentuh tersebut merupakan OLED Display yang bisa menampilkan berbagai macam tools sesuai dengan aplikasi yang dijalankan, mulai dari color slider di Photoshop hingga emoji saat mengetik. Menurut CNET, layar sentuh tersebut merupakan cara Apple untuk menambahkan fitur layar sentuh tanpa menghadirkan "layar sentuh".

Perubahan lain yang dihadirkan oleh Apple adalah touchpad berukuran sangat besar. Ukurannya bahkan hampir dua kali lipat dari ukuran touchpad pada MacBook Pro sebelumnya. Touchpad tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur Force Touch sehingga Apple tidak lagi perlu menambahkan komponen mekanis untuk fungsi klik.

Keseluruhan bodi MacBook Pro terbuat dari aluminium. Ia masih hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Silver dan Space Gray. Bodi MacBook Pro juga menjadi lebih tipis dan ringan dari pendahulunya. MacBook Pro dapat tampil lebih tipis karena hanya dilengkapi dengan 4 port Thunderbolt USB Type-C. 



Ya, Apple menghilangkan berbagai port yang ada di MacBook Pro sebelumnya dan menggantinya dengan 4 port Thunderbolt USB Type-C untuk berbagai macam keperluan, mulai dari video output, penyimpanan, koneksi ke perangkat lain, hingga sumber daya. Tentunya, Anda harus membeli aksesori khusus agar berbagai perangkat lama Anda bisa dihubungkan ke MacBook Pro terbaru.

Uniknya, 3.5mm headphone jack masih tersedia di MacBook Pro. Menurut TechCrunch, keberadaan headphone jack adalah sebuah ironi karena Apple juga merupakan pihak pertama yang mengampanyekan "revolusi" jack audio dengan mengganti 3.5mm audio jack dengan USB Type-C di iPhone 7. Apple bahkan mengklaim berbagai pembuat headphone akan beralih ke teknologi wireless.

Terakhir, MacBook Pro hadir dengan sensor Touch ID yang memungkinkan pengguna untuk langsung masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password terlebih dulu. Sensor Touch ID tersebut ditempatkan persis di bawah tombol power. MacBook Pro kali ini telah ditenagai oleh teknologi Touch ID generasi kedua yang didukung oleh chip khusus bernama Apple T1.

Kombinasi teknologi Touch ID dan chip Apple T1 memungkinkan MacBook Pro untuk menyimpan semua data biometrik pribadinya dengan aman, bahkan bisa digunakan untuk bertransaksi menggunakan Apple Pay.

MacBook Pro terbaru hadir dalam tiga varian. Pertama adalah varian termurah dengan layar 13 inci, namun tanpa Touch Bar dan hanya memiliki dua port Thunderbolt USB Type-C. Varian ini dibanderol seharga USD1500. Sementara versi di atasnya yang masih menggunakan layar 13 inci, namun telah memiliki Touch Bar hadir dengan harga mulai dari USD1799.

Varian tertinggi MacBook Pro hadir dengan seluruh fitur baru dan empat port Thunderbolt USB Type-C, dan layar 15 inci. Untuk mendapatkannya, Anda harus rela mengeluarkan uang yang cukup banyak, yaitu mulai dari USD2399.

Berikut adalah spesifikasi dan harga lengkap dari seluruh varian MacBook Pro terbaru:




(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.