Prosesor AMD Zen 8 Core Bakal Dibanderol Rp4 Juta?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 20 Nov 2016 13:18 WIB
amd
Prosesor AMD Zen 8 Core Bakal Dibanderol Rp4 Juta?
Prosesor Zen diperlihatkan oleh CEO AMD, Lisa Su

Metrotvnews.com: Kabar mengenai prosesor baru AMD, yaitu Zen kembali beredar.

Menurut informasi yang beredar di forum internasional Reddit, Zen akan hadir dalam varian yang menggunakan 8 core 16 thread. Yang paling menarik dari informasi kali ini adalah varian Zen tersebut akan dibanderol dengan harga hanya USD300 atau sekitar Rp4 juta.

Jika benar, Zen tentu akan membuat persaingan prosesor Intel dan AMD kembali panas tahun depan. Prosesor tersebut akan setara dengan Intel Core i7-6850K yang saat ini harganya mencapai Rp8,8 juta atau dua kali lipatnya.

Informasi lain yang diunggah pengguna Reddit juga mengatakan AMD telah mengubah sistem multi-threading yang digunakan sehingga bisa lebih berjalan optimal bahkan menyaingi sistem yang sama milik Intel. Sistem multi-threading bernama SMU tersebut yang diperkirakan akan menjadi senjata baru AMD untuk pertarungan prosesor di tahun 2017.

Saat ini, posisi Intel memang sedang di atas awan. Intel juga menguasai sebagian besar pasar prosesor kelas konsumen. Namun, bukan berarti AMD tidak punya kesempatan untuk menyaingi Intel. AMD sempat bersaing secara ketat dengan Intel pada awal tahun 2000-an dengan merilis prosesor dual-core Athlon 64 x2. Sayangnya, perkembangan teknologi prosesor AMD dalam beberapa tahun terakhir tidak bisa menyaingi Intel.

Prosesor Zen kali ini diklaim sebagai prosesor yang akan kembali menggebrak pasar. Ia juga akan menggunakan arsitektur serta platform baru yaitu AMD AM4. Platform tersebut juga dikatakan merupakan platform universal, sehingga penggunanya bisa memasang prosesor AMD dari kelas pemula hingga kelas atas.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /