Ini 4 Startup Pemenang Kompetisi The NetxDev dari Telkomsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 21 Nov 2017 14:37 WIB
telkomseltelekomunikasistartup
Ini 4 Startup Pemenang Kompetisi The NetxDev dari Telkomsel
Telkomsel telah menetapkan 4 startup yang menjadi pemenang dalam The NextDev.

Jakarta: Telkomsel akhirnya menentukan 4 startup pemenang dalam kompetisi The NextDev 2017. Keempat aplikasi tersebut adalah CekMata, Squline, Karapan dan Marlin Booking. Aplikasi-aplikasi itu dipilih dari Top 20 karena dianggap berhasil menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. 

"Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan dampak langsung yang positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah. 

The NextDev merupakan kompetisi yang diadakan oleh Telkomsel untuk mendorong generasi muda menciptakan solusi atas permasalahan yang ada dengan memanfaatkan teknologi.

Ririek menjelaskan, pengadaan The NextDev sejalan dengan rencana Telkomsel untuk membesarkan ekosistem digital Indonesia. Aplikasi dianggap salah satu komponen dalam ekosistem tersebut. 

Empat aplikasi yang terpilih ini berhasil keluar menjadi juara setelah melalui fase akhir penjurian. Dalam fase penjurian terakhir, terdapat 20 finalis yang harus melakukan pitching selama 3 menit di hadapan juri.

Dalam sesi ini, mereka harus bisa meyakinkan juri akan kompetensi startup dan kemampuan aplikasi yang mereka kembangan berdasarkan masalah yang ingin dipecahkan, solusi, validasi pasar, model bisnis, rencana pengembangan produk, strategi pengembangan bisnis dan kemampuan tim. 



Panel juri terdiri dari praktisi startup dan pakar teknologi, yaitu Direktur HCM Telkomsel Irfan Tachrir, Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Pangerapan, Associate SEO Director GroupM Ariff Kamal, Vice President GO-JEK Dayu Dara, CEO Layaria Dennis Adhiswara, dan Co-Founder Binar Alamanda Shantika.

Berdasarkan pitching terakhir tersebut, dipilih 8 startup dari 4 kategori, yaitu e-Health, e-Education, e-Agriculture dan e-Transportation Setelah itu, delapan startup ini akan melakukan apa yang Telkomsel sebut sebagai Startup Battle untuk menentukan pemenang utama dari masing-masing kategori. 

Empat startup terbaik ini akan mendapatkan hadiah berupa akses ke pasar, marketing, pelatihan, management trip, uang, monetisasi dan match expert. Selain itu, bersama dengan finalis lain, keempatnya juga akan ikut serta dalam pelatihan lanjutan dari Telkomsel melalui The NextDev Academy, yang bertujuan mempertajam kualitas aplikasi yang dibuat oleh startup

Dengan ikut serta dalam Academy, diharapkan para startup ini akan bisa mengembangkan diri dan kemampuan mereka terkait berbagai hal, mulai dari pengembangan produk, sampai model bisnis.

"Teknologi bisa menjadi percepatan dalam penyelesaian suatu masalah. Melalui The NextDev, kami harap program ini bisa memberikan inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk berkarya melalui teknologi," kata Ririek. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /