Ini 4 Startup Pemenang Kompetisi The NetxDev dari Telkomsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 21 Nov 2017 14:37 WIB
telkomseltelekomunikasistartup
Ini 4 Startup Pemenang Kompetisi The NetxDev dari Telkomsel
Telkomsel telah menetapkan 4 startup yang menjadi pemenang dalam The NextDev.

Jakarta: Telkomsel akhirnya menentukan 4 startup pemenang dalam kompetisi The NextDev 2017. Keempat aplikasi tersebut adalah CekMata, Squline, Karapan dan Marlin Booking. Aplikasi-aplikasi itu dipilih dari Top 20 karena dianggap berhasil menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. 

"Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan dampak langsung yang positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah. 

The NextDev merupakan kompetisi yang diadakan oleh Telkomsel untuk mendorong generasi muda menciptakan solusi atas permasalahan yang ada dengan memanfaatkan teknologi.

Ririek menjelaskan, pengadaan The NextDev sejalan dengan rencana Telkomsel untuk membesarkan ekosistem digital Indonesia. Aplikasi dianggap salah satu komponen dalam ekosistem tersebut. 

Empat aplikasi yang terpilih ini berhasil keluar menjadi juara setelah melalui fase akhir penjurian. Dalam fase penjurian terakhir, terdapat 20 finalis yang harus melakukan pitching selama 3 menit di hadapan juri.

Dalam sesi ini, mereka harus bisa meyakinkan juri akan kompetensi startup dan kemampuan aplikasi yang mereka kembangan berdasarkan masalah yang ingin dipecahkan, solusi, validasi pasar, model bisnis, rencana pengembangan produk, strategi pengembangan bisnis dan kemampuan tim. 



Panel juri terdiri dari praktisi startup dan pakar teknologi, yaitu Direktur HCM Telkomsel Irfan Tachrir, Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Pangerapan, Associate SEO Director GroupM Ariff Kamal, Vice President GO-JEK Dayu Dara, CEO Layaria Dennis Adhiswara, dan Co-Founder Binar Alamanda Shantika.

Berdasarkan pitching terakhir tersebut, dipilih 8 startup dari 4 kategori, yaitu e-Health, e-Education, e-Agriculture dan e-Transportation Setelah itu, delapan startup ini akan melakukan apa yang Telkomsel sebut sebagai Startup Battle untuk menentukan pemenang utama dari masing-masing kategori. 

Empat startup terbaik ini akan mendapatkan hadiah berupa akses ke pasar, marketing, pelatihan, management trip, uang, monetisasi dan match expert. Selain itu, bersama dengan finalis lain, keempatnya juga akan ikut serta dalam pelatihan lanjutan dari Telkomsel melalui The NextDev Academy, yang bertujuan mempertajam kualitas aplikasi yang dibuat oleh startup

Dengan ikut serta dalam Academy, diharapkan para startup ini akan bisa mengembangkan diri dan kemampuan mereka terkait berbagai hal, mulai dari pengembangan produk, sampai model bisnis.

"Teknologi bisa menjadi percepatan dalam penyelesaian suatu masalah. Melalui The NextDev, kami harap program ini bisa memberikan inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk berkarya melalui teknologi," kata Ririek. 


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.