Komputer Bermasalah, Maskapai Penerbangan tak Punya Pilot Saat Libur Natal

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:42 WIB
teknologi
Komputer Bermasalah, Maskapai Penerbangan tak Punya Pilot Saat Libur Natal
Ilustrasi. (Wikimedia Commons)

Jakarta: Kesalahan komputer membuat semua pilot American Airlines mengambil libur selama satu minggu sekitar Hari Natal. Kesalahan ini membuat ribuan pesawat tidak dapat terbang dalam salah satu minggu paling sibuk itu.

Mengutip persatuan pilot, Reuters melaporkan bahwa lebih dari 15 ribu pesawat tidak memiliki pilot untuk terbang pada bulan Desember.

"Pada hari Jumat, manajemen mengumumkan ada masalah dengan sistem penjadwalan pilot," kata Allied Pilots Association (APA) dalam sebuah pernyataan resmi.

"Hasilnya, ada ribuan penerbangan yang tidak memiliki pilot untuk melayani penumpang saat liburan mendatang." Kesalahan ini ada dalam sistem yang menugaskan pilot berdasarkan tingkat senioritas. "Pada dasarnya, ada krisis kekurangan pilot," kata juru bicara APA Dennis Tajer.

Menurut laporan The Verge, American Airlines menyebutkan bahwa mereka sedang berusaha menyelesaikan masalah ini. Satu solusi yang mungkin mereka aplikasikan adalah menawarkan gaji ekstra untuk pilot.

Maskapai penerbangan tersebut juga mengirimkan email pada para pekerjanya, menawarkan pembayaran 1,5 kali lebih besar jika mereka bersedia mengisi kekosongan yang ada. 

Namun, APA memprotes, menyebutkan bahwa pembatasan atas pembayaran waktu lembur merupakan pelanggaran atas kontrak. Mereka juga mengklaim, American Airlines belum mencoba menghubungi mereka untuk mencari solusi bersama. 

Sementara itu, juru bicara American Airlines menyebutkan mereka masih berusaha mencari penyelesaian dari masalah ini, dan berharap tidak ada penumpangnya yang membatalkan tiket yang telah mereka beli.

"Kami memiliki pilot cadangan yang akan menerbangkan pesawat pada bulan Desember dan kami akan membayar pilot yang mau terbang seharga 150 persen dari bayaran per jam mereka -- bayaran maksimal yang bisa kami berikan sesuai dengan kontrak," kata juru bicara American Airlines. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /