Ada 2 Juta Akun Premium Palsu Spotify

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 24 Mar 2018 13:38 WIB
spotify
Ada 2 Juta Akun Premium Palsu Spotify
Spotify.

Jakarta: Spotify menyatakan telah menemukan akun premium palsu sebanyak dua juta akun. Angka ini sangat besar dan mengancam jumlah pendapatan perusahaan Spotify yang selama ini sebetulnya belum menghasilkan keuntungan yang berarti.

Dampaknya sendiri diakui Spotify dalam sebuah surat pernyataan resmi bahwa berpengaruh terhadap key performance index layanan mereka sehingga surat pernyataan tersebut tampaknya dibagian sebagai pemberitahuan kepada para investor dan musisi.

Berdasarkan data pada akhir bulan Desember 2017, Spotify memiliki jumlah 157 juta pengguna aktif bulanan, yang 71 juta di antaranya adalah pengguna akun premium. Angka tersebut menurun dari jumlah yang diumumkan pada saat Spotify mengajukan IPO di awal bulan ini.

Sebelumnya, Spotify menyebutkan bahwa jumlah pengguna aktif mereka mencapai 159 juta. Pihak Spotify menyatakan hal ini dilakukan demi menjaga keperayaan investor pada perusahaan mereka dan menghindari jatuhnya harga saham mereka akibat kasus ini.

Padahal pada awal bulan ini kemarin Spotify telah mengajukan IPO ke bursa saham dengan nilai valuasi sebesar USD 1 miliar (Rp13,8 triliun) demi mendapatkan kucuran dana dalam jumlah besar.

Sejauh ini belum dijelaskan cara Spotify untuk memberantas permasalahan ini selain lewat pemblokiran akun.

Hal ini bisa diartikan bahwa permasalahan Spotify bukan pada aplikasi yang digunakan untuk membuat akun gratis menjadi aku premium palsu melainkan sistem keamanan Spotify yang memiliki celah untuk melakukan hal tersebut.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

5 hours Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.