Layanan AIM Berhenti per 15 Desember

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 07 Oct 2017 14:05 WIB
teknologi
Layanan AIM Berhenti per 15 Desember
AIM akan ditutup pada 15 Desember. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com: AOL Instant Messsenger (AIM) akan menutup layanannya pada 15 Desember mendatang. AOL mengumumkan hal ini hari ini. AIM merupakan salah satu alat komunikasi pertama di internet. AOL mengakui, kini, orang punya cara baru untuk berkomunikasi, karena itu, AIM tidak lagi dibutuhkan. 

"Dulu, AIM menggunakan teknologi digital baru dan mendorong perubahan budaya, tapi cara kita berkomunikasi dengan satu sama lain kini telah berubah," tulis Michael Albers, Communications Products VP di Oath, divisi operator telekomunikasi Amerika Serikat, Verizon, yang telah mengakuisisi AOL.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, AOL telah menutup akses ke AIM dari aplikasi chatting pihak ketiga pada bulan Maret lalu. Hal ini menunjukkan rencana mereka untuk menutup layanan ini. Tidak banyak orang yang masih menggunakan AIM, karena itu, kemungkinan besar, perubahan ini tidak akan memengaruhi banyak orang. 

AIM adalah salah satu aplikasi pengirim pesan paling pertama dan juga paling sukses. Ia banyak digunakan pada akhir tahun 1990-an dan selama tahun 2000-an. Namun, dengan kemunculan smartphone, cara masyarakat berkomunikasi berubah. SMS mulai menjadi pengganti dari aplikasi messaging pada desktop

Setelah itu, mulai muncul berbagai media sosial seperti Facebook dan Snapchat, yang membuat aplikasi messaging desktop jarang digunakan. Selain itu, mengobrol melalui Facebook juga jadi lebih mudah karena Anda sudah saling terhubung dengan teman dan keluarga Anda.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.