Punya Layanan Ramah Lingkungan, Tiongkok Justru Penuh Tumpukan Sepeda

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 26 Nov 2017 15:51 WIB
teknologi
Punya Layanan Ramah Lingkungan, Tiongkok Justru Penuh Tumpukan Sepeda
Tumpukan sepeda pada penampungan sepeda di kota Xianmen, Tiongkok. Sepeda tersebut merupakan sepeda yang rusak serta sepeda milik layanan bike sharing yang tidak dipergunakan lagi.

Jakarta: Jika di Indonesia layanan ride sharing menggunakan kendaraan motor roda dua dan empat, Tiongkok menggunakan sepeda. Tren ini memang terdengar lebih ramah lingkungan, tapi kenyataannya tidak.

Tren layanan bike sharing di Tiongkok justru menimbulkan masalah baru. Banyak lahan trotoar atau pejalan kaki yang semakin sempit karena dijejali oleh parkiran sepeda dari layanan bike sharing. Masalahnya, kebanyakan penggunanya kemudian menaruh begitu saja ketika waktu sewa sudah habis.

Hal tersebut juga dikeluhkan oleh petugas dari perusahaan bike sharing. Layanan bike sharing menyediakan sepeda yang bisa disewa untuk jangka waktu 30 menit hanya lewat aplikasi di smartphone. Pengguna cukup mengambil sepeda tersebut di halte sepeda yang disediakan.



Layanan bike sharing Tiongkok dikuasai oleh tiga perusahaan besar, Mobike, Ofo, dan Bluegogo. Jelas kompetisi yang terbentuk menjadi siapa yang paling banyak bisa menjangkau setiap kota di negara itu dan menyediakan sepeda paling banyak.

Arogansi dari perusahaan ini justru menambah parah permasalahan yang disebutkan di awal. 3 hari yang lalu Bluegogo divonis bangkrut, penyebabnya jumlah permintaan layanan tersebut tidak sepadan dengan operasional yang sudah dikeluarkan.

Akhirnya, sepeda milik Bluegogo disita dan dikumpulkan di satu tempat penampungan. The Guardian yang sempat mengabadikan tumpukan sepeda-sepeda yang ditampung menjadi sebuah monumen yang melambangkan arogansi dalam menjalankan sebuah bisnis.

Dikabarkan Bluegogo sudah beberapa kali menuai masalah di negara asalnya. Kabar terakhir yang beredar adalah CEO Bluegogo Li Gang melarikan diri dari Tiongkok dengan membawa sisa uang perusahaan. Para pengguna yang masih memiliki deposit di layanan itu tidak bisa menarik uangnya.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /