Pesanan iPhone X Turun, Saham Teknologi Tiongkok Merosot

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 26 Dec 2017 10:03 WIB
apple
Pesanan iPhone X Turun, Saham Teknologi Tiongkok Merosot
Keputusan Apple mengurangi pesanan iPhone X berdampak pada penurunan saham teknologi di Tiongkok.

Jakarta: Apple menjadi salah satu perusahaan yang menentukan keberuntungan pemasoknya. Hal ini menyebabkan saat laporan terkait pemangkasan pesanan iPhone X dari 50 juta menjadi 30 juta, saham teknologi Tiongkok mengalami penurunan.

Salah satunya adalah perusahaan pemasok Apple, yaitu Lens Technology, yang mengalami penurunan saham sebesar delapan persen. Selain itu, pabrik Foxconn yang tertugas merakit iPhone X di Zhengzhou, berhenti memproduksi produk baru.

Sejumlah sumber yang dikutip Phone Arena mengklaim penghentian produksi tersebut diakibatkan oleh pengurangan pesanan sebesar 40 persen. Hal tersebut mendorong kemunculan peringatan terkait kondisi iPhone baru dan analis menurunkan target terkait saham Apple dari "beli" menjadi "tahan".

Perusahaan peneliti pasar JL Warren Capital LLC juga memperingatkan bahwa pendistribusian iPhone X akan mengalami penundaan, setelah pemesan pada gelombang pertama telah menerima smartphone pesanan mereka.

Apple juga dilaporkan menawarkan sumber rantai pasokan mereka sendiri, sebagai bukti pesanan Apple yang mengalami penurunan.

Sejumlah pasar berpendapat bahwa permintaan iPhone X yang melemah disebabkan oleh penawaran harga untuk ponsel tersebut terlalu tinggi, dan akibat inovasi kurang menarik.

Selain itu, pendapat lain yang beredar menyebut penyebab penurunan permintaan tersebut akibat publikasi dan promosi berlebihan tidak mampu mendorong permintaan global.

Saham Apple mengalami peningkatan menjadi USD900 miliar (Rp) pada tahun ini, dan diperkirakan akan menjadi perusahaan teknologi pertama dengan nilai mencapai USD1 triliun.

Namun, harapan tersebut baru dapat terbukti setelah Apple merilis laporan kuartal pertama, mencantumkan hasil penjualan iPhone X.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.