Konten GIF di WhatsApp Tidak Bisa Diakses

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 07 Nov 2017 13:00 WIB
kominfowhatsapp
Konten GIF di WhatsApp Tidak Bisa Diakses
Aplikasi pengirim pesan WhatsApp

Metrotvnews, Jakarta: Hari Senin (6/11/2017), pihak Kominfo menggelar konferensi pers yang menyatakan bahwa mereka sudah meminta tanggapan dan tindakan serius untuk menutup akses konten GIF di layanan mereka. Kominfo sendiri sudah memblokir akses ke halaman situs penyedia layanan konten GIF bernama Tenor.

Tanah Air tengah dihebohkan oleh pesan berantai di layanan WhatsApp yang berisi peringatan konten GIF berunsur konten negatif yang bisa diakses lewat aplikasi WhatsApp pada hari Minggu lalu (5/112017). Pihak Kominfo mengakui sudah banyak aduan terkait kasus tersebut.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, WhatsApp tidak bisa mengakses konten GIF dengan kategori kata kunci pencarian berunsur konten negatif. Bagi mereka yang tidak bisa mengakses, maka halaman kolom GIF di aplikasi WhatsApp sama sekali tidak bisa dipergunakan.

Metrotvnews.com menemukan beberapa pengguna WhatsApp ada yang masih bisa mengakses, ada juga yang tidak. Pengguna layanan seluler seperti Indosat dan Telkomsel sudah tidak bisa mengakses konten GIF di WhatsApp.



Hal berbeda ditemukan pada pengguna layanan seluler XL. Sebagian penggunanya mengaku tidak bisa lagi mengakses konten GIF di WhatsApp, tetapi berbeda dengan pengguna layanan seluler XL pascabayar yang masih bisa mengakses dan menemukan GIF berunsur konten negatif.

Seperti yang diketahui, di konferensi pers yang digelar kemarin pihak Kominfo menyatakan menunggu tindakan nyata dan kooperatif dari Facebook, pemilik WhatsApp hingga hari Rabu, 8 November 2017.

Pihak Kominfo menegaskan akan memblokir sementara WhatsApp, seperti kasus yang menimpa Telegram beberapa waktu lalu.

"Kami menunggu tanggapan serta tindakan serius dari mereka hingga hari Rabu tanggal 8 November 2017. Jika tidak, WhatsApp akan kami Telegram-kan alias diblokir," jelas Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers, Senin (6/11/2017).

Pihak Kominfo mengatakan telah melakukan pemblokiran terhadap 6 DNS milik Tenor, penyedia konten GIF untuk WhatsApp. Keenam DNS itu adalah tenor.com, api.tenor.com, blog.tenor.com, qa.tenor.com, media.tenor.com, dan media1tenor.com.

Pihak WhatsApp melalui juru bicara Facebook di Indonesia memberikan pernyataan bahwa mereka sendiri mengaku tidak bisa memonitoring konten tersebut karena sifatnya yang terenkripsi. WhatsApp menyebut semua konten tersebut disediakan oleh aplikasi pihak ketiga, namun mereka berjanji akan kooperatif dengan Kominfo.


(MMI)