Twitter, Dropbox, dan Airbnb Bentuk Aliansi Keamanan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Sep 2016 14:45 WIB
cyber security
Twitter, Dropbox, dan Airbnb Bentuk Aliansi Keamanan Siber
Ilustrasi keamanan siber.

Metrotvnews.com: Terkadang, sistem dari vendor keamanan sekalipun tidak sepenuhnya aman. Hal ini sering menjadi penyebab peratasan sistem sebuah perusahaan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, 9 perusahaan teknologi ternama bekerja sama untuk membuat sebuah organisasi bernama VSA (Vendor Security Alliance). 

VSA ia merupakan organisasi koalisi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan internet. Grup ini akan membuat standar tentang produk dan layanan yang diberikan oleh vendor keamanan sehingga para pelanggan dapat menilai tingkat keamanan dari produk dan layanan dari vendor yang mereka gunakan.

Menurut Dark Reading, VSA dipimpin oleh Ken Baylor, Head of Compliance Uber. Selain Uber, 8 perusahaan yang tergabung dalam organisasi ini adalah Docker, Palantir, Twitter, Atlassian, GoDaddy, Dropbox, Square, dan Airbnb.

"Setiap hari, industri-industri di seluruh dunia saling bekerja sama untuk melakukan kegiatan siber yang aman. Namun, selama ini, perusahaan-perusahaan tidak memiliki standar untuk menilai tingkat keamanan perusahaan lain," tulis VSA. "VSA dibuat untuk menyelesaikan masalah ini."

Setiap tahun, VSA akan bekerja sama dengan para ahli keamanan untuk meluncurkan daftar pertanyaan sehingga perusahaan-perusahaan dapat menilai tingkat risiko pada perusahaan mereka. Pertanyaan ini juga berfungsi untuk melakukan evaluasi pada vendor keamanan.

Daftar pertanyaan itu akan menghitung risiko dengan membahas masalah terkait peraturan, prosedur, privasi, manajemen kelemahan dan keamanan data, kata Baylor dalam sebuah blog post.

Setelah selesai dijawab, daftar pertanyaan ini akan dievaluasi, diaudit dan dinilai oleh auditor pihak ketiga mandiri yang bekerja sama dengan VSA, lanjut Baylor. Vendor akan mendapatkan poin jika layanan mereka memang terbukti aman dan akan kehilangan poin jika mereka melakukan sesuatu yang meningkatkan risiko keamanan.

Lapora pertama VSA akan dirilis pada tanggal 1 Oktober mendatang. Laporan ini dapat dibaca dengan gratis. Setiap tahunnya, VSA akan membuat daftar pertanyaan baru untuk meningkatkan standar keamanan untuk para vendor.


(MMI)

Video /