Epson Belum Siap Tanam Resolusi 4K di Proyektor

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 11 Oct 2016 07:15 WIB
epson
Epson Belum Siap Tanam Resolusi 4K di Proyektor
Fungsi yang berbeda menyebabkan Epson belum siap untuk menyematkan teknologi 4K pada layar LCD proyektornya.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Meluncurkan proyektor 3LCD dengan 25.000 lumen, Epson menyebutnya sebagai perangkat future-proof karena telah siap mendukung teknologi 4K. Namun, Epson mengaku belum siap untuk menghadirkan teknologi 4K terintegrasi pada layar LCD proyektornya.

"Berbeda dengan televisi, layar LCD pada proyektor berukuran kecil, umumnya sekitar satu inci. Jadi sedikit sulit untuk mengimplementasikan teknologi 4K pada layar proyektor. Selain itu, fungsinya juga berbeda," ujar Head of Department (Southeast Asia) Printers & Scanners Division Epson Singapore, Alvina Lim.

Perbedaan fungsi ini juga menjadi alasan Epson untuk menghadirkan teknologi tersebut pada layar LCD proyektor. Tanaka juga menyebut hal ini menyebabkan teknologi tersebut belum memungkinkan untuk diimplementasikan pada layar proyektor.

Epson mengaku tidak ingin memaksakan menghadirkan teknologi 4K pada proyektornya. Sebab menurutnya, kesulitan untuk menghadirkan teknologi tersebut pada proyektor akan menyebabkan penawaran perangkat melambung tinggi.

Hal ini berbeda dari tujuan Epson, yang lebih mementingkan keterjangkauan harga perangkatnya. Karenanya, Epson juga mengaku tidak menyiapkan target tinggi untuk proyektor 3LDC 25.000 lumen terbarunya, EB-L25000U, mengingat harganya yang tergolong tinggi.

Sementara itu, alasan lain kehadiran proyektor ini juga didorong oleh kebutuhan dari perusahaan rental dan panggung. Permintaan dari perusahaan ini, salah satunya di Indonesia dan Australia, juga dinilai menjanjikan oleh Epson.

Saat disinggung soal industri bioskop, Epson menyebut belum berencana untuk melakukan kerja sama dengan pihak manapun, meski telah melihat peluang di ranah tersebut. Saat ini, Epson mengaku lebih terfokus untuk mendorong proyektornya untuk ranah film digital.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.