Computex 2018

Apa Saja yang Bakal Tampil di Computex 2018?

Ellavie Ichlasa Amalia, Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 15 May 2018 07:47 WIB
Computex 2018
Apa Saja yang Bakal Tampil di Computex 2018?
Pemandangan Computex 2017.

Jakarta: Computex sebagai salah satu ajang pameran teknologi terbesar di Taiwan akan kembali gelar tahun ini, yakni bulan depan tanggal 5-9 Juni 2018.

Berdasarkan informasi yang dicantumkan dalam situs resminya. disebutkan bahwa Computex 2018 akan bahas perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Satu tema lainnya juga diprediksi akan sangat menarik perhatian adalan tema gaming.

President & CEO TAITRA ( Taiwan External Trade Development Council) Walter Ye mengakui bahwa kategori produk gaming telah menjadi kunci pendongkrak utama industri PC selama beberapa tahun balakangan. Tentunya, jajaran produk dari industri tersebut akan sangat menarik.

Mengutip data dari firma riset pasar Gartner, disebutkan bahwa saat penjualan atau pengiriman PC menurun, sementara penjualan pernagkat gaming serta high-end PC di segmen ini terus tumbuh. Yeh menyebut tren ini semakin fokus ke pengalaman pengguna saat memainkan game serta ekosistem pendukung segmen gaming.

Disebutkan, peserta mulai dari produsen motherboard, PC case, cooling system serta perangkat gaming yang berfokus esport akan tampil menunjukkan produk terbarunya masing-masing. ASUS, ASRock, dan MSI tidak hanya akan memamerkan motherboard terbarunya, tapi juga menggelar kompetisi OC selama perhelatan Computex 2018.

ASUS
Rumor yang beredar ASUS akan memperkenalkan smartphone gaming pertamanya yang juga diberi label Republic of Gamers (ROG) pada ajang Computex 2018. ASUS tidak ingin ketinggalan dari Razer, Xiaomi, dan Nubia karena tren mobile gaming yang sedang diminati. 

NVIDIA
Untuk industri komponen seperti GPU, NVIDIA juga akan mengambil panggung di Computex 2018. NVIDIA akan menggelar GTC (GPU Technology Conference) 2018 yang memamerkan teknologi terbaru GPU mereka.

Rumor yang beredar, NVIDIA akan memamerkan GTX seri 11 pertama, 1180, yang berbasis arsitektur Turing.

AMD
AMD juga tidak mau kalah. Mereka mengumumkan akan menggelar konferensi di Computex 2018. Berkaca ke roadmap yang sempat dirilis AMD untuk tahun 2018, ada beberapa produk yang masih akan dirilis tahun in.

Di antaranya adalah Ryzen Pro, mobile prosesor yang teritegrasi dengan kartu grafis Radeon Vega, lalu ada prosesor Ryzen PRO Generasi ke-2 untuk business desktop. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah prosesor Ryzen Threadripper Generasi ke-2, yang merupakan prosesor AMD di segmen HEDT.

Intel
Tahun lalu, Intel memanfaatkan Computex untuk berbicara tentang prosesor Core i9 mereka. Tahun ini, kemungkinan, perusahaan pembuat prosesor itu juga akan membuat sebuah pengumuman besar dalam Computex.

Tampaknya, AI akan menjadi salah satu tema utama dalam Computex tahun ini. Intel juga telah menanamkan investasi di bidang tersebut. Kemungkinan, mereka akan membuat pengumuman terkait AI dalam COmputex 2018. 

Selain itu, seperti yang disebutkan oleh TechRadar, di Computex juga tampaknya akan dipamerkan sekumpulan laptop yang menggunakan chip buatan Intel, termasuk seri H.

Sementara terkait desktop, ada kemungkinan Intel akan membuat pengumuman atau bahkan meluncurkan prosesor Cannon Lake dan Kaby Lake-X. 

Acer
Tahun lalu, Acer memamerkan sekumpulan laptop Acer Spin. Kemungkinan, tahun ini, Acer juga akan meluncurkan berbagai laptop baru.

Acer juga mungkin akan mengumumkan versi terbaru dari laptop gaming Nitro 5 yang memakai prosesor generasi 8, Intel Core 97 dan Core i7+ serta NVIDIA 1050 Ti. Acer juga mungkin akan memamerkan Aspire S24 serta laptop 2-in-1 dan Chromebook. 
(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.