Sony Boyong A8F BRAVIA OLED ke Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 10 May 2018 16:01 WIB
sony
Sony Boyong A8F BRAVIA OLED ke Indonesia
President Director of Sony Indonesia Kazuteru Makiyama.

Jakarta: Setelah tahun lalu memboyong TV premium dari seri Bravia yang menggunakan panel OLED ke Indonesia, kini Sony kembali membawa unit terbaru dari seri yang sama, yakni A8F BRAVIA OLED.

"Sony A1 OLED TV telah diakui sebagai Winner of Best Living Room – Pemenang TV terbaik untuk Ruang Tamu dan Ruang Keluarga pada 2017 HDTV Test Shootout," ungkap President Director of Sony Indonesia Kazuteru Makiyama.

Inovasi tersebut hadir lewat A8F BRAVIA OLED yang hadir sebagai penerus dari A1 Bravia yang oleh Makiyama masih mengusung konsep TV Premium yang memiliki desain pas untuk diletakkan di mana saja dengan nilai estetika yang diklaim terbaik di kelasnya.

Seri A8F BRAVIA OLED telah dilengkapi prosesor gambar 4K HDR- X1 Extreme yang mampu menghasilkan gambar yang memiliki delapan juta piksel OLED.



Selain itu juga digunakan teknologi 4K X-Reality PRO untuk menghasilkan detail dengan algoritma unik Sony untuk seluruh konten, seperti siaran TV, DVD, Blu-ray, video internet, dan foto digital.

Untuk kualitas audio Sony masih menggunakan teknologi Acoustic Service di A8F BRAVIA OLED seperti pada produk sebelumnya. Suara yang muncul berasal dari getaran yang muncul pada layar, dan teknologi ini diklaim bisa mendukung efek surround sound seperti saat menggunakan speaker terpisah.

"Dengan Acoustic Surface, seluruh layar meresonansi dengan suara menakjubkan yang seakan-akan keluar dari layar, menawarkan kombinasi gambar dan suara yang tidak bisa dihasilkan oleh TV lainnya," jelas Makiyama.



Sayangnya, Makiyama masih enggan merilis harganya karena produk ini baru akan dijual secara resmi di Indonesia bulan Juli nanti. Nantinya, Sony A8F BRAVIA OLED akan hadir dengan ukuran 65 inci dan 55 inci, kemungkinan harganya tidak akan berbeda jauh dengan A1 BRAVIA OLED.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.