Xiaomi Sandingkan Mi A2 dengan Samsung Galaxy A8

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 25 Jul 2018 07:49 WIB
xiaomi
Xiaomi Sandingkan Mi A2 dengan Samsung Galaxy A8
Salah satu opsi warna Xiaomi Mi A2, biru.

Madrid: Strategi Xiaomi selama ini sederhana. Perusahaan asal Tiongkok itu berani untuk menawarkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi di rentang harganya. Dua ponsel baru Xiaomi, Mi A2 dan Mi A2 Lite, bukanlah pengecualian. 

Xiaomi bahkan memasukkan Qualcomm Snapdragon 625 -- prosesor untuk smartphone kelas menengah meski sudah cukup tua -- ke Mi A2 Lite, yang masuk ke dalam kategori smartphone kelas pemula.

Xiaomi yakin bahwa mereka bisa memberikan spesifikasi yang lebih tinggi dari pesaingnya pada rentang harga yang sama. Karena itu, tidak aneh jika eksekutif Xiaomi berani secara gamblang untuk membandingkan spesifikasi dari ponselnya dengan smartphone buatan pesaing di kelas yang sama. 

Smartphone yang menjadi pembanding untuk Mi A2 dan Mi A2 Lite adalah Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A6. Meskipun dalam presentasinya Donovan Sung, Director Product Management and Marketing Xiaomi Global tidak menyebutkan nama ponsel Samsung itu, slide presentasi menunjukkan nama keduanya tanpa sensor. 

Inilah perbandingan spesifikasi antara Xiaomi Mi A2 dan Samsung Galaxy A8. 



Jika dikonversi ke Rupiah, maka Mi A2 akan diharga Rp4,2 juta untuk varian 4GB/32GB, Rp4,7 juta untuk varian 4GB/64GB dan Rp5,9 juta untuk varian 6GB/128GB. Sementara Galaxy A8 akan memiliki harga sekitar Rp6,5 juta. 

Sementara ini adalah tabel perbandingan spesifikasi dari Xiaomi Mi A2 Lite dan Samsung Galaxy A6. 



Jika diubah menjadi Rupiah, Xiaomi Mi A2 Lite varian dasar akan dihargai Rp3 juta dengan varian 4/66GB dihargai Rp3,9 juta. Sementara Galaxy A6 memiliki harga Rp5 juta. 

Satu hal yang harus diingat, ini adalah harga di Eropa. Ada kemungkinan, Xiaomi akan melakukan penyesuaian harga ketika meluncurkan Mi A2 dan Mi A2 Lite di Indonesia. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.