Kirin 980 Siap Dukung AI Masa Depan

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Sep 2018 18:02 WIB
huawei
Kirin 980 Siap Dukung AI Masa Depan
Huawei turut mengunggulkan dukungan Neural Processing Unit (NPU) ganda pada Kirin 980.

Jakarta: Huawei mengumumkan prosesor terbarunya dengan bekal sejumlah peningkatan, diklaim mampu menyuguhkan performa dan efisiensi daya lebih baik.

Tidak hanya itu, Huawei turut mengklaim chipset ini memiliki keunggulan lain selain performa dan efisiensi daya baterai.

"Proses fabrikasi 7nm memungkinkan Huawei membenamkan tidak hanya lebih banyak transistor, tapi juga lebih banyak teknologi ke Kirin 980. Salah satunya adalah penempatan NPU ganda," ujar Product Marketing Manager Huawei CBG Indonesia Advent Jose.

Bekal Neural Processing Unit (NPU) ganda ini diklaim mendukung kemampuan chipset dalam mengenali gambar secara lebih cepat. Kehadiran NPU ini juga mendukung kemampuan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada perangkat, termasuk kamera.

Bekal NPU ganda ini juga memungkinkan AI pada chipset mengenali tidak hanya gambar diam, tetapi juga gambar bergerak atau video. Kirin 980 turut mengunggulkan kemampuan AI pada kamera berkat dukungan Dual Image Signal Prosesor (ISP) baru.

Dukungan Dual ISP ini diklaim menjadikan kecepatan pemrosesan kamera meningkat 46 persen jika dibandingkan dengan Snapdragon 845. Dual ISP baru ini juga diklaim memungkinkan kamera perangkat pengguna Kirin 980 untuk menghasilkan foto dengan tampilan lebih baik.

Kemampuan kamera lebih baik ini juga diklaim Huawei memungkinkan perangkat menggantikan kamera saku tradisional. Selain itu, Kirin 980 juga mengunggulkan kemampuan lebih baik dalam menangkap sinyal jaringan.

Hal ini memungkinkan pengguna perangkat dengan chipset ini memainkan game online atau streaming lagu atau film di perjalanan dengan mulus tanpa gangguan. Huawei juga mengaku telah menguji kemampuan ini di sejumlah layanan transportasi umum, seperti kereta berkecepatan tinggi, di beberapa kota Tiongkok.

Layanan ini dipilih sebagai lokasi pengujian, sebab umumnya menjadi tempat dengan sinyal jaringan yang lemah. 

Sementara itu disinggung soal prediksi waktu penggunaan, Huawei mengaku tidak memiliki angka pasti dan menyebut akan menghadirkan Kirin 980 pada perangkatnya, selama masih mampu mendukung teknologi terbaik yang coba disuguhkan perusahaannya.


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.