Oncam Tawarkan CCTV 360 Derajat untuk Smart City

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 05 May 2018 18:39 WIB
teknologi
Oncam Tawarkan CCTV 360 Derajat untuk Smart City
CCTV 360 Oncam.

Jakarta: Perkembangan teknologi IoT (Internet of Things) yang juga semakin terhubung menjadi faktor utama pendorong munculnya konsep kota pintar atau smart city. Ada beragam aspek dalam sebuah smart city yang ikut terpapar oleh teknologi, salah satunnya adalah keamanan.

Founder & Chairman PT Professtama Cemerlang Sanny Suharli menilai pemanfaatan teknologi CCTV (Closed Circuit Television) di berbagai sudut kota, sehingga teknologi IoT juga bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan kota yang aman.

"Penggunaan CCTV berteknologi tinggi merupakan kunci untuk menciptakan kota yang lebih pintar sekaligus aman. Kami ingin ikut mewujudkan rencana pemerintah Indonesia yang menargetkan terciptanya 100 smart city di Indonesia pada tahun 2018," ungkap Suharli yang sudah 34 tahun menyediakan solusi teknologi keamanan.

Lewat acara yang digelar Professtama Cemerlang di Pullman Central Park, Jakarta, kemarin mereka memperkenalkan mitra barunya yang menyediakan kamera CCTV dengan sudut pandang 360 derajat yakni Oncam asal Inggris.

Regional Director Asia Pacific Oncam Daniel Elvin menilai bahwa konsep smart city tidak hanya membuat segala sesuatu mudah dan canggih tapi juga aman. Teknologi CCTV 360 derajat dinilai menjadi fitur utama dan terbaik sebuah CCTV.



"CCTV menjadi tidak memiliki blind spot alias seluruh area di sekitarnya bisa terpantau dan terekam. Canggihnya teknologi tersebut dihadirkan hanya lewat satu lensa, dan tidak ketinggalan dari sisi kualitas gambar Oncam telah menggunakan lensa beresolusi 6MP dan 12MP di beberapa produk," jelasnya.

Suharli menambahkan bahwa kualitas gambar yang sangat tajam tersebut tentu ke depannya juga hadir dengan gerakan yang semakin mulus seiring kecepatan internet di Indonesia yang semakin cepat dan adopsi 5G untuk kebutuhan smart city.

Oncam lewat Professtama Cemerlang mulai memasarkan CCTV 360 derajat, beberapa tipe yang diluncurkan yakni Evolution 180 Indoor dan Outdoor dengan sudut pandang 180 derajat dalam modus True Day and Night. Selain itu didukung dengan teknologi Angle Compensation yang bisa menghasilkan gambar panorama lebih alami.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.