Komputer Bakal Mampu Baca Pikiran Manusia?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 29 Aug 2017 17:02 WIB
teknologi
Komputer Bakal Mampu Baca Pikiran Manusia?
Komputer kini bisa baca pikiran manusia (gambar: istimewa)

Metrotvnews.com: Bagaimana jika Anda bisa membaca apa yang ada di pikiran orang lain? Itulah yang baru-baru ini berhasil dilakukan oleh peneliti dari Carnegie Mellon University.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Marcel Just tersebut berhasil membuat komputer bisa membaca pikiran manusia dan menterjemahkannya ke dalam kata-kata. "Kami mengukur seberapa tingkat 'neural firing' yang ada di dalam otak seseorang," ujar Just dikutip dari Fox News.

Namun, untuk membaca pikiran seseorang dibutuhkan peralatan yang tidak murah. Just menggunakan sebuah mesin MRI untuk membaca gelombang otak pasiennya yang ingin dibaca pikirannya.

Dalam eksperimen yang dilakukannya, pasien diberikan 240 kalimat khusus dan komputer harus menebak kalimat apa yang sedang dibaca oleh pasien dari dalam pikirannya.

Penelitian ini juga tergolong sukses dan tingkat akurasi tebakan komputer mencapai 86 persen. Metode seperti ini diharapkan bisa membawa pertolongan kejiwaan ke tingkat selanjutnya, dan dokter nantinya dapat mengetahui kondisi kejiwaan pasien secara lebih akurat.

Meski demikian, penelitian ini dikatakan masih di tahap awal. Selanjutnya adalah mengembangkan hasil penelitian ini menjadi produk medis yang berguna bagi masyarakat luas.


(MMI)