Molekul di Titan Bisa Jadi Awal dari Kehidupan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 30 Jul 2017 16:49 WIB
antariksa
Molekul di Titan Bisa Jadi Awal dari Kehidupan
Ada kemungkinan terbentuknya membran sel di Titan. (NASA)

Metrotvnews.com: Dalam sebuah studi baru yang diunggah ke Science Advances, para peneliti melaporkan bahwa mereka telah menemukan molekul kompleks di atmosfer satelit Saturnus, Titan. Molekul ini bisa menjadi awal munculnya kehidupan. 

Membran sel adalah bagian terluar dari kebanyakan sel yang ditemukan di Bumi. Dan membran sel, atau struktur serupa, memegang peran penting dalam munculnya kehidupan, lapor Engadget. Titan memang memiliki kondisi yang berbeda dari planet kita, tapi molekul ini -- vinyl sianida -- adalah molekul yang memiliki potensi untuk membentuk membran sel di Titan. 

Di Bumi, membran sel terdiri dari lipid, molekul lemak yang membutuhkan air dalam bentuk cair. Sementara Titan memiliki suhu sangat dingin, yang berarti lipid tidak bisa terbentuk. Namun, itu bukan berarti Titan tidak memiliki air dalam bentuk cairan. Titan memiliki danau metana cair. Bersama dengan vinyl sianida, metana cair ini bisa membentuk membran sel yang penting untuk kehidupan. 

Probe Cassini milik NASA menemukan bukti keberadaan vinyl sianida di Titan, tapi tidak bisa memberikan jumlah yang konklusif. Dalam studi ini, para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan dari Atacama Large Millimeter Array di Chili dan menemukan bahwa ada banyak molekul tersebut di atmosfer Titan. 

Mengingat metana di Titan memiliki siklus layaknya air di Bumi -- secara rutin, ia akan turun dalam bentuk hujan dari langit Titan -- maka ada kemungkinan, juga ada vinyl sianida di danau metana di satelit tersebut.

Saat ini, masih belum diketahui apakah sudah ada struktur layaknya mebran sel di Titan. Pastinya, masih belum diketahui apakah memang ada kehidupan di satelit Saturnus tersebut. Namun, ini berarti, Titan adalah satelit yang pantas untuk terus diteliti. 


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /