Molekul di Titan Bisa Jadi Awal dari Kehidupan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 30 Jul 2017 16:49 WIB
antariksa
Molekul di Titan Bisa Jadi Awal dari Kehidupan
Ada kemungkinan terbentuknya membran sel di Titan. (NASA)

Metrotvnews.com: Dalam sebuah studi baru yang diunggah ke Science Advances, para peneliti melaporkan bahwa mereka telah menemukan molekul kompleks di atmosfer satelit Saturnus, Titan. Molekul ini bisa menjadi awal munculnya kehidupan. 

Membran sel adalah bagian terluar dari kebanyakan sel yang ditemukan di Bumi. Dan membran sel, atau struktur serupa, memegang peran penting dalam munculnya kehidupan, lapor Engadget. Titan memang memiliki kondisi yang berbeda dari planet kita, tapi molekul ini -- vinyl sianida -- adalah molekul yang memiliki potensi untuk membentuk membran sel di Titan. 

Di Bumi, membran sel terdiri dari lipid, molekul lemak yang membutuhkan air dalam bentuk cair. Sementara Titan memiliki suhu sangat dingin, yang berarti lipid tidak bisa terbentuk. Namun, itu bukan berarti Titan tidak memiliki air dalam bentuk cairan. Titan memiliki danau metana cair. Bersama dengan vinyl sianida, metana cair ini bisa membentuk membran sel yang penting untuk kehidupan. 

Probe Cassini milik NASA menemukan bukti keberadaan vinyl sianida di Titan, tapi tidak bisa memberikan jumlah yang konklusif. Dalam studi ini, para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan dari Atacama Large Millimeter Array di Chili dan menemukan bahwa ada banyak molekul tersebut di atmosfer Titan. 

Mengingat metana di Titan memiliki siklus layaknya air di Bumi -- secara rutin, ia akan turun dalam bentuk hujan dari langit Titan -- maka ada kemungkinan, juga ada vinyl sianida di danau metana di satelit tersebut.

Saat ini, masih belum diketahui apakah sudah ada struktur layaknya mebran sel di Titan. Pastinya, masih belum diketahui apakah memang ada kehidupan di satelit Saturnus tersebut. Namun, ini berarti, Titan adalah satelit yang pantas untuk terus diteliti. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.