Superkomputer Berhasil Pecahkan Soal Matematika Paling Susah

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 24 Jul 2017 11:34 WIB
sains
Superkomputer Berhasil Pecahkan Soal Matematika Paling Susah
Superkomputer yang digunakan memiliki 800 prosesor dan penyimpanan 200TB (foto: Nature)

Metrotvnews.com: Ilmuwan akhirnya berhasil memecahkan salah satu permasalahan paling rumit di bidang matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ilmuwan menggunakan sebuah superkomputer dengan 800 prosesor bekerja paralel selama dua hari penuh. Tidak hanya membutuhkan komputer super kencang, untuk memecahkan permasalahan matematika ini, para ilmuwan juga membutuhkan penyimpanan sebesar 200TB.

Menurut Futurism, permasalahan matematika yang berhasil dipecahkan kali ini adalah Boolean Pythagorean. Permasalahan tersebut dikatakan telah membuat banyak ilmuwan matematika kebingungan karena sangat sulit dipecahkan. Permasalahan tersebut merupakan kombinasi permasalahan Pythagoras yang menggunakan rumus a^2 + b^2 =c^2 untuk menggambarkan sebuah bilangan integer dengan warna merah atau biru.



Meski berhasil dipecahkan dalam waktu dua hari tanpa henti, ilmuwan masih menemukan berbagai kejanggalan baru dalam prosesnya. Selama proses berjalan, komputer hanya bisa menggambarkan warna untuk bilangan integer hingga hitungan ke-7824.

Melewati itu, komputer sudah tidak bisa lagi menggambarkan warna pada setiap bilangan integer yang akan dikalkulasi. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan baru mengapa angka tersebut menjadi batas perhitungan pada permasalahan matematika ini.

Jika Anda penasaran, Anda juga bisa menjajal untuk melakukan perhitungan ini dan menganalisa prosesnya dengan cara mengunduh file yang disediakan oleh University of California. Siapa tahu Anda justru menemukan jawaban dari permasalahan matematika paling rumit ini.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga memerlukan penyimpanan setidaknya 200TB dan komputer dengan prosesor yang sangat kencang. Jika tidak, prosesnya bakal memakan waktu hingga ratusan tahun.


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

12 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /