Superkomputer Berhasil Pecahkan Soal Matematika Paling Susah

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 24 Jul 2017 11:34 WIB
sains
Superkomputer Berhasil Pecahkan Soal Matematika Paling Susah
Superkomputer yang digunakan memiliki 800 prosesor dan penyimpanan 200TB (foto: Nature)

Metrotvnews.com: Ilmuwan akhirnya berhasil memecahkan salah satu permasalahan paling rumit di bidang matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ilmuwan menggunakan sebuah superkomputer dengan 800 prosesor bekerja paralel selama dua hari penuh. Tidak hanya membutuhkan komputer super kencang, untuk memecahkan permasalahan matematika ini, para ilmuwan juga membutuhkan penyimpanan sebesar 200TB.

Menurut Futurism, permasalahan matematika yang berhasil dipecahkan kali ini adalah Boolean Pythagorean. Permasalahan tersebut dikatakan telah membuat banyak ilmuwan matematika kebingungan karena sangat sulit dipecahkan. Permasalahan tersebut merupakan kombinasi permasalahan Pythagoras yang menggunakan rumus a^2 + b^2 =c^2 untuk menggambarkan sebuah bilangan integer dengan warna merah atau biru.



Meski berhasil dipecahkan dalam waktu dua hari tanpa henti, ilmuwan masih menemukan berbagai kejanggalan baru dalam prosesnya. Selama proses berjalan, komputer hanya bisa menggambarkan warna untuk bilangan integer hingga hitungan ke-7824.

Melewati itu, komputer sudah tidak bisa lagi menggambarkan warna pada setiap bilangan integer yang akan dikalkulasi. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan baru mengapa angka tersebut menjadi batas perhitungan pada permasalahan matematika ini.

Jika Anda penasaran, Anda juga bisa menjajal untuk melakukan perhitungan ini dan menganalisa prosesnya dengan cara mengunduh file yang disediakan oleh University of California. Siapa tahu Anda justru menemukan jawaban dari permasalahan matematika paling rumit ini.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga memerlukan penyimpanan setidaknya 200TB dan komputer dengan prosesor yang sangat kencang. Jika tidak, prosesnya bakal memakan waktu hingga ratusan tahun.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.