GIGABYTE Rilis VGA GTX 1080 Versi Mungil

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 06 Sep 2017 11:53 WIB
gigabyte
GIGABYTE Rilis VGA GTX 1080 Versi Mungil
GIGABYTE GeForce GTX 1080 Mini ITX 8G

Metrotvnews.com: Belakangan ini, NVIDIA fokus untuk mengembangkan desain GPU yang semakin ringkas. Belum lama ini, NVIDIA merilis desain GPU baru bernama Max-Q yang memungkinkan GPU kelas atas digunakan di laptop dengan ukuran ringkas. Laptop yang telah menggunakan teknologi tersebut salah satunya adalah ASUS ROG Zephyrus yang sudah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu.

Namun, bagaimana dengan kartu grafis PC desktop?

Ternyata kartu grafis berukuran mini sudah mulai bermunculan. GIGABYTE GeForce GTX 1080 Mini ITX 8G adalah salah satunya. Kartu grafis tersebut hanya memiliki panjang 16,9cm atau hampir setengah dari panjang GTX 1080 Founder Edition. GIGABYTE bahkan mengklaim kartu grafis ini merupakan GTX 1080 untuk desktop dengan ukuran paling mungil yang pernah dibuat.

Salah satu kendala dalam membuat kartu grafis berukuran mini adalah opsi sistim pendingin yang sangat terbatas. Menurut Engadget, kali ini GIGABYTE menggunakan heatpipe berbahan tembaga dan sebuah kipas 90mm dengan desain baling-baling khusus. Teknologi 3D Active Fan juga disematkan di kartu grafis ini, memungkinkannya untuk beroperasi dengan lebih senyap.

Namun, saat ini, pihak GIGABYTE masih belum memberikan spesifikasi lebih dalam mengenai kartu grafis ini. Harganya pun masih belum diumumkan. Pastinya ia tidak akan dibanderol setengah dari harga GTX 1080 standar karena ukurannya yang jauh lebih mungil.


(MMI)

Video /