Xiaomi Mi A1 Mulai Kedatangan Android Oreo

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Dec 2017 09:27 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi A1 Mulai Kedatangan Android Oreo
Xiaomi Mi A1 edisi warna merah.

Jakarta: Pengguna Xiaomi Mi A1 akan menjadi yang pertama mencicipi sistem operasi Android terbaru, Android 8.0 Oreo.

Dilaporkan Telecomtalk, beberapa Xiaomi Mi A1 sudah mendapatkan Android Oreo meskipun masih sebatas versi Beta.

Sistem operasi terbaru tersebut umumnya hadir lebih dahulu untuk perangkat flagship, sementara Xiaomi Mi A1 berada di kelas mid-high. Salah satu alasannya adalah karena Xiaomi Mi A1 hasil kerja sama Xiaomi dan Google dalam proyek Android One.

Apabila Android sudah merilis sistem operasi terbarunya dalam versi Beta, seharusnya versi stabil tidak akan lama lagi dirilis. 



Pengguna Xiaomi Mi A1 di India yang sudah mencicipi Android Oreo versi Beta mengklaim antarmuka dan kinerja ponsel mereka jauh lebih ringan. Sistem booting dan upgrade juga jauh lebih cepat. Beberapa fitur Android Oreo juga mulai tampil.

Salah satu yang diklaim adalah quick charging yang sebelumnya absen dari ponsel Xiaomi. Fitur ini sebetulnya sudah hadir di prosesor Qualcomm Snapdragon yang digunakan Xiaomi, entah kenapa fitur ini seperti belum aktif.

Beberapa pihak beranggapan hal ini dilakukan untuk menekan harga ponsel agar bisa terjangkau sesuai daya tarik Xiaomi, spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau yang bahkan merusak pasar.

Pengisian daya yang dilakukan hingga 100 persen kini bisa dilakukan dalam waktu 92 menit yang sebelum pembaruan ke Android Oreo membutuhkan waktu 2 jam. Namun, pengujian ini diperoleh dengan menggunakan charger milik OnePlus 5T.

Artinya, informasi atau pengujian ini belum cukup valid. Pengguna Xiaomi Mi A1 di lndonesia tampaknya harus mulai rajin mengecek ponsel mereka. Siapa tahu, Xiaomi Mi A1 Anda jadi yang pertama di Indonesia mencicipi Android Oreo.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.