Laris Manis, Stok Prosesor Intel Coffee Lake Menipis di Pasar

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 07 Oct 2017 15:16 WIB
intel
Laris Manis, Stok Prosesor Intel Coffee Lake Menipis di Pasar
Coffee Lake merupakan prosesor generasi ke-8 dari Intel

Metrotvnews.com: Sebagai produsen prosesor PC, Intel memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam hal memenuhi suplai pasar. Hingga saat ini Intel jarang sekali kehabisan stok prosesor di pasar. Namun apa yang terjadi dengan penjualan prosesor Coffee Lake kali ini benar-benar berbeda.

Menurut PC GAMER, stok prosesor terbaru Intel tersebut sudah mulai menipis di pasar. Stok prosesor tertinggi Coffee Lake yaitu Core i7-8700K menjadi sangat langka.

Prosesor tersebut sudah habis terjual di berbagai toko online di wilayah Amerika Serikat, mulai dari Newegg, Amazon, hingga B&H Photo. Beberapa toko online bahkan sudah memasang label pemesanan dan mengatakan prosesor tersebut akan segera kembali tersedia.

Tidak hanya minim suplai, harga prosesor Coffee Lake di beberapa wilayah juga terpantau lebih tinggi dari harga standarnya. Hal tersebut dikarenakan tingginya permintaan sementara suplai semakin minim.

Situs teknologi asal Inggris, Legit Review, bahkan melaporkan salah satu toko andalannya yang biasa menjual hardware dengan harga terjangkau kini tidak memiliki stok prosesor Coffee Lake. Kalaupun ada, toko tersebut akan menjualnya dengan harga lebih tinggi karena stok yang terbatas.

Fenomena ini menunjukkan bahwa Intel tampaknya mulai kembali ke meja permainan setelah sebelumnya kalah oleh kehadiran prosesor AMD Ryzen.

Prosesor Coffee Lake yang merupakan keluarga prosesor generasi ke-8 Intel memang banyak mendapat pujian belakangan ini. Core i7-8700K yang kini tampil dengan konfigurasi 6 core 12 thread banyak dikatakan sebagai prosesor ideal untuk gaming dan multitasking.

Kami juga sudah menerima sampel prosesor Coffee Lake Core i7-8700K dan saat ini sedang diuji. Terus pantau Metrotvnews.com karena ulasan prosesor tersebut akan hadir dalam waktu dekat.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.