Pantau Iklan, Facebook Rekrut 1.000 Pegawai

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Oct 2017 08:15 WIB
facebook
Pantau Iklan, Facebook Rekrut 1.000 Pegawai
Facebook tengah berbenah setelah terbukti bahwa banyak konten yang terindikasi berafiliasi dengan Rusia

Metrotvnews.com: Gerah dengan tuduhan sebagai penyebab masuknya iklan dan akun yang berafiliasi dengan Rusia, Facebook berbenah diri dengan merekrut 1.000 pegawai baru khusus untuk memantau dan mengurus perizinan iklan di layanan media sosial terbesar di dunia miliknya.

Usai membuat laporan ada ratusan hingga ribuan iklan dan akun yang berafiliasi dengan Rusia untuk mengacaukan pemilihan presiden di negaranya, Facebook menyatakan bahwa mereka akan memperketat setiap iklan yang menggunakan layanannya, seperti yang dikutip dari Recode.

"Mengulas kembali iklan yang ada pada layanan kami tidak sekadar kontennya saja tetapi konteks yang dihadirkan dan ingin disampaikan kepada audiens. Jadi akan mengubah dengan memperketat sistem ulasan kepada setiap iklan," tulis perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Facebook tidak hanya mengandalkan mesin yang menyaring setiap iklan, tetapi masih dibutuhkan tenaga manual untuk memantau pelanggaran kebijakan iklan kategori tertentu apalagi terkaiut isu politik. Meskipun begitu Facebook juga bersikeras akan mengembangkan mesin pintar yang dengan otomatis akan melaporkan setiap iklan yang terindikasi ujaran kebencian dan hal politik.

Tentu saja, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap bisnis layanan Facebook yang menggantungkan penghasilan dari fitur berbayar termasuk iklan.

Secara tidak sadar, Facebook meraup keuntungan sebesar USD100 ribu dari iklan-iklan yang terindikasi berafilisasi dengan pihak Rusia. Pada minggu lalu, ada 3.000 iklan yang tenagh diinvestigasi oleh pihak keamanan dan pemerintah Amerika Serikat.

Saat ini, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg benar-benar fokus dalam membersihkan konten tidak layak dari layanan buatannya.

Berdasarkan data dari Reuters, Facebook menyebutkan bahwa di akhir tahun 2016 jumlah pegawainya sudah mencapai 17.048 orang, dan dikabarkan pada bulan Mei lalu mereka akan merekrut 3.000 lagi untuk menghapus konten terkait kekerasan, pembunuhan, dan terutama kasus bunuh diri yang beberapa waktu lalu membanjiri media sosial tersebut.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /