Color Binoculars, Aplikasi iOS untuk Penderita Buta Warna

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 13 Nov 2016 15:12 WIB
microsoft
Color Binoculars, Aplikasi iOS untuk Penderita Buta Warna
Tom Overton dan Tingting Zhu (Scott Eklund / Red Box Pictures)

Metrotvnews.com: Color Binoculars, aplikasi untuk orang-orang dengan 3 tipe buta warna yang paling sering ditemukan, meluncur untuk iOS.

Aplikasi ini bukanlah yang pertama dibuat untuk penderita buta warna. Namun, Color Binoculars dibuat oleh 2 teknisi software Microsoft, yang salah satunya buta warna. Tidak hanya itu, ia juga cukup mudah untuk digunakan.

Menurut Engadget, aplikasi ini akan menggunakan kamera iPhone untuk menampilkan gambar yang telah disesuaikan pada layar sehingga orang dengan buta warna dapat membedakan warna dengan lebih mudah.

Aplikasi ini dapat memudahkan orang-orang dengan buta warna memilih pakaian dengan warna yang sesuai atau untuk sekadar menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tom Overton dan Tingting Zhu mulai membuat Color Binocular pada acara Hackathon yang diadakan oleh Microsoft pada tahun 2015. Mereka lalu menyelesaikan aplikasi ini sebagai bagian dari program Garage, yang bertujuan membantu aplikasi eksperimen untuk diluncurkan ke masyarakat luas.

Overton menderita buta warna, karena itu, selain sebagai developer, ia juga menjadi penguji utama dari aplikasi ini. "Ini adalah aplikasi yang membantu penderita buta warna untuk menentukan kombinasi warna, masalah yang biasa mereka hadapi" kata Overton pada blog resmi Microsoft.

"Misalnya, saya kesulitan untuk membedakan warna hijau dan merah, karena itu, aplikasi kami akan membuat warna merah menjadi lebih terang dan hijau lebih gelap sehingga perbedaannya di antara keduanya menjadi lebih jelas," katanya menjelaskan. 

"Aplikasi ini akan mengganti kombinasi warna yang sulit untuk dibedakan, seperti merah dan hijau, dengan kombinasi lain yang lebih mudah dibedakan, seperti pink dan hijau."


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

15 hours Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.