Color Binoculars, Aplikasi iOS untuk Penderita Buta Warna

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 13 Nov 2016 15:12 WIB
microsoft
Color Binoculars, Aplikasi iOS untuk Penderita Buta Warna
Tom Overton dan Tingting Zhu (Scott Eklund / Red Box Pictures)

Metrotvnews.com: Color Binoculars, aplikasi untuk orang-orang dengan 3 tipe buta warna yang paling sering ditemukan, meluncur untuk iOS.

Aplikasi ini bukanlah yang pertama dibuat untuk penderita buta warna. Namun, Color Binoculars dibuat oleh 2 teknisi software Microsoft, yang salah satunya buta warna. Tidak hanya itu, ia juga cukup mudah untuk digunakan.

Menurut Engadget, aplikasi ini akan menggunakan kamera iPhone untuk menampilkan gambar yang telah disesuaikan pada layar sehingga orang dengan buta warna dapat membedakan warna dengan lebih mudah.

Aplikasi ini dapat memudahkan orang-orang dengan buta warna memilih pakaian dengan warna yang sesuai atau untuk sekadar menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tom Overton dan Tingting Zhu mulai membuat Color Binocular pada acara Hackathon yang diadakan oleh Microsoft pada tahun 2015. Mereka lalu menyelesaikan aplikasi ini sebagai bagian dari program Garage, yang bertujuan membantu aplikasi eksperimen untuk diluncurkan ke masyarakat luas.

Overton menderita buta warna, karena itu, selain sebagai developer, ia juga menjadi penguji utama dari aplikasi ini. "Ini adalah aplikasi yang membantu penderita buta warna untuk menentukan kombinasi warna, masalah yang biasa mereka hadapi" kata Overton pada blog resmi Microsoft.

"Misalnya, saya kesulitan untuk membedakan warna hijau dan merah, karena itu, aplikasi kami akan membuat warna merah menjadi lebih terang dan hijau lebih gelap sehingga perbedaannya di antara keduanya menjadi lebih jelas," katanya menjelaskan. 

"Aplikasi ini akan mengganti kombinasi warna yang sulit untuk dibedakan, seperti merah dan hijau, dengan kombinasi lain yang lebih mudah dibedakan, seperti pink dan hijau."


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /