Android Oreo Go, OS Spesial Google untuk Ponsel Murah

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 16:52 WIB
androidgoogle
Android Oreo Go, OS Spesial Google untuk Ponsel Murah
Android 8.0 Oreo menjadi sistem operasi terbaru buatan Google.

Jakarta: Sistem terbaru buatan Google, Android 8.0 Oreo memang baru dirilis untuk smartphone flagship tapi Google. Rencana lain mereka adalah memasang OS ini di lebih banyak smartphone segmen entry-level.

Seperti yang diketahui bahwa smartphone segmen entry-level memiliki spesifikasi yang bisa dibilang tidak begitu sangar, sehingga memiliki banyak batasan untuk mencicipi inovasi teknologi terbaru.

Dengan alasan tersebut Google hari ini resmi merilis Android Oreo Go, versi ringan Android Oreo, seperti yang dilaporkan oleh Tech Crunch.

Rencana tersebut sebetulnya sudah diungkapkan oleh Google dalam ajang developer Goolge I/O bulan Mei lalu di Amerika Serikat. Dalam acara Google for India hari ini, mereka meresmikan Android Oreo Go dirilis pertama kali di India.

Dikabarkan keputusan tersebut karena melihat jumlah pengguna sistem operasi Android di India jauh lebih banyak Amerika Serikat, meskipun tidak disebutkan jumlah pastinya. Diketahui ada lebih dari 2 miliar pengguna aktif perangkat Android dan menjadi sistem operasi paling banyak digunakan di dunia.

Sebagai versi ringan dari Android Oreo, Android Oreo Go membawa sistem operasi dan aplikasi terbaru Google yang lebih ringan dalam hal konsumsi RAM dan kapasitas memori. Disebutkan perangkat dengan RAM 1GB dan memori 512MB sudah bisa mencicipi Android Oreo Go.

Lantas, apa perbedaan Android One dan Android Go? Jika Android One dikontrol langsung oleh Google dalam implementasinya bekerjasama dengan vendor smartphone. Android Go justru disediakan untuk dimodifikasi oleh vendor smartphone

Kedua langkah ini diprediksi mampu mendorong pertumbuhan perangkat Android aktif di tahun 2018 meningkat pesat. Vendor smartphone kembali berani merilis smartphone entry-level lebih luas lagi, dan tidak takut tersingkir dari persaingan karena tren flagship.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /