Lebih Canggih, Headset VR Baru HTC Adopsi Snapdragon 835

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 14 Nov 2017 18:14 WIB
htc
Lebih Canggih, Headset VR Baru HTC Adopsi Snapdragon 835
HTC mengumumkan kehadiran Vive Focus, serta pembatalan rencana kehadiran Google Daydream di pasar Amerika Serikat.

Metrotvnews.com: HTC resmi mengumumkan Vive Focus, perangkat VR all-in-one terbarunya. Seperti laporan sebelumnya, Vivo Focus menggunakan prosesor Qualcomm Snpadragon 835 dan berbekal teknologi pelacakan posisi.

Perangkat ini merupakan headset VR mandiri dengan dukungan sudut pandang enam derajat pertama yang dirilis oleh HTC. Sayangnya, HTC masih enggan berbagi informasi terkait waktu ketersediaan perangkat ini di pasar, seperti yang dilaporkan The Verge.

Vive Focus memanfaatkan pengendali dengan sudut tiga derajat berdesain sederhana dengan trackpad serupa perangkat Vive berukuran lebih besar. Desain headset tersebut juga tidak biasa, dengan garis desain terinspirasi dari PlayStation VR dan Vive Deluxe Audio Strap.

HTC juga enggan berbagi informasi terkait spesifikasi perangkat yang hadir dengan sentuhan warna biru tersebut, selain bekal resolusi pada layarnya. HTC mengungkap rencananya untuk menghadirkan Vive Focus di Tiongkok, tanpa informasi lebih detil.

Selain Vive Focus, HTC turut mengumumkan pembatalan rencana untuk menghadirkan perangkat VR hasil kolaborasi HTC dan Google, yaitu Google Daydream, ke pasar Amerika Serikat. Sementara itu, Daydream hasil kolaborasi Google dan Lenovo dilaporkan masih dalam proses pengembangan.

Masih tertutup menyoal perangkat Daydream karya Google dan Lenovo, Vice President Google VR, Clay Bavor menyebut bahwa perusahaannya akan segera mengumumkan informasi lebih detil terkait perangkat tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.