Masuk Eropa, Xiaomi Jagokan Mi Mix 2

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 08 Nov 2017 13:06 WIB
xiaomi
Masuk Eropa, Xiaomi Jagokan Mi Mix 2
Xiaomi Mi Mix 2. (MTVN)

Metrotvnews.com: Xiaomi, salah satu perusahaan pembuat smartphone ternama asal Tiongkok, kini akan memperluas jangakauannya ke Eropa. Mereka resmi hadir di Eropa dengan membuat acara peluncuran besar-besaran di ibukota Spanyol, Madrid. 

Untuk Xiaomi, ini merupakan bagian dari rencananya melakukan ekspansi global agar bisa dikenal sebagai merek internasional. Sementara untuk warga Eropa, keberadaan Xiaomi di Spanyol akan memudahkan mereka untuk mendapatkan produk perusahaan asal Tiongkok tersebut. 

Sebelum peluncuran, The Verge mendapatkan kesempatan wawancara dengan Wang Xiang, Senior VP yang bertanggung jawab atas bisnis, sales, marketing serta strategi legal dan properti intelektual internasional. Dia telah menjadi bagian dari Xiaomi sejak musim panas 2015. Sebelumnya, dia bekerja sebagai President Qualcomm di Tiongkok. 

"Saya adalah orang yang bekerja dengan Xiaomi sejak hari pertama," katanya. "Saya sendiri yang membangun kerja sama antara kedua perusahaan." Xiaomi mulai beroperasi sebagai perusahaan hardware pada 2011 dengan meluncurkan Xiaomi Phone. Sejak saat itu, Wang dan CEO Xiaomi terus berkolaborasi.

Xiaomi juga memiliki hubungan baik dengan penggemar dan pengguna di Spanyol. "Kita punya banyak pelanggan di Spanyol, Inggris, Jerman dan Italia," kata Wang. "Kami tidak tahu dimana mereka membeli produk kami." Kemungkinan, mereka membelinya dari AliExpress.com, situs e-commerce yang menjual produk Tiongkok ke luar negeri.

Xiaomi, yang biasanya menggantungkan diri pada marketing digital, melihat keberadaan fans di Spanyol sebagai alasan untuk memasuki negara itu terlebih dulu. Dalam acara yang mereka adakan hari ini, Xiaomi juga menunjukkan betapa mereka menghargai para fans yang telah mendukung mereka selama bertahun-tahun. 




Xiaomi Mi A1

Bagi warga Spanyol, awal ketertarikan mereka pada Xiaomi adalah karena tingginya tuntutan akan smartphone murah karena meroketnya popularitas WhatsApp. 

Wang mengonfirmasi hal ini ketika ditanya apa keunggulan utama Xiaomi. "Kualitas baik untuk harga yang ditawarkan, untuk semua orang. Kami membuat produk premium tapi tidak menjualnya dengan harga premium."

Dengan harapan menembus pasar Eropa, Xiaomi meluncurkan Mi Mix dengan harga EUR499 (Rp7,8 juta) dan Mi A1 dengan harga EUR229 (Rp3,6 juta). Namun, Wang mengaku Xiaomi akan berhati-hati dalam memasuki pasar baru.

"Untuk bisa fokus, kami harus sukses di Spanyol terlebih dulu. Setelah itu, baru kami bisa memikirkan pasar dan negara lain. Kami ingin mempelajari selera orang Eropa dari masyarakat."


(MMI)