Duolingo Sediakan Pelajaran Bahasa Klingon dari Star Trek

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 16 Mar 2018 10:19 WIB
aplikasipoptech
Duolingo Sediakan Pelajaran Bahasa Klingon dari Star Trek
Duolingo menyediakan pelajaran bahasa Klingon di situsnya.

Jakarta: Aplikasi belajar bahasa Duolingo kini menambahkan satu bahasa baru yang bisa Anda pelajari: Klingon. Bahasa yang muncul dalam franchise Star Trek tersebut merupakan salah satu bahasa fiksi yang paling populer di dunia. 

Pelajaran untuk Klingon telah masuk dalam situs "Inkubator" Duolingo selama beberapa tahun belakangan. Kini, Duolingo akhirnya menyediakan pelajaran bahasa Klingon untuk situs mereka. Pelajaran itu baru akan ditambahkan ke aplikasi iOS dan Android beberapa waktu kemudian. 

Menurut laporan The Verge, bahasa Klingon dibuat pertama kali oleh Marc Okrand untuk film dan TV seri Star Trek. Setelah itu, Okrand kemudian mengembangkan bahasa tersebut menjadi bahasa yang sempurna dan bisa digunakan.

Pelajaran Klingon di Duolingo dibuat tim relawan yang mengerti tata bahasa dari Klingon, meski lisensi dari bahasa tersebut dipegang CBS.

Namun, ada beberapa penyesuaian yang harus Duolingo lakukan untuk bisa menyediakan pelajaran tentang bahasa Klingon. Senior PR Manager Duolingo, Michaela Kron menjelaskan hal ini dalam wawancara degnan Engadget.

"Klingon menggunakan apostrof di tengah kata, pada awalnya, ini sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh sistem kami, mengingat tidak ada bahasa lain yang menggunakannya," kata Kron.

Selain itu, Duolingo juga harus menemukan cara untuk menekankan pentingnya huruf besar dalam pelajaran bahasa Klingon mengingat arti sebuah kata bisa berbeda tergantung pada huruf besar yang ada. 

Klingon bukanlah bahasa fiksi pertama yang Duolingo masukkan ke dalam modulnya. Tahun lalu, mereka menambahkan bahasa High Valyrian dari Game of Thrones. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.