Google Ajak Pengembang Sambut Android Go

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 02 Nov 2017 19:43 WIB
google
Google Ajak Pengembang Sambut Android Go
Google mengajak pengembang untuk mulai menyesuaikan aplikasi agar dapat berjalan di sistem operasi Android Go.

Metrotvnews.com: Google mengumumkan kehadiran Android Go secara resmi pada ajang Google I/O awal tahun ini. Google mengajak pengembang untuk melakukan persiapan dalam menyambut kehadirannya di masyarakat luas. Sebab menurut Google, era penggunaan Android Go oleh masyarakat luas segera tiba.

"Ratusan ribu konsumen akan membeli smartphone untuk pertama kalinya dalam satu atau tahun mendatang. Android Go dirancang dengan kemampuan lebih terbatas, sehingga tidak semua fitur yang tersedia pada aplikasi saat ini dapat didukung oleh sistem operasi versi terbaru ini," ujar Director of Google Play APAC, James Sanders.

Android Go merupakan sistem operasi versi lebih ringan dari Android 8.0 Oreo, dan akan dibekali kemampuan untuk menjalankan aplikasi versi ringan atau Lite, termasuk Facebook Lite dan Twitter Lite. Sistem operasi ini juga disebut hanya mendukung aplikasi dengan ukuran tidak lebih dari 10MB.

Selain itu, Android Go juga dibekali kemampuan untuk menjalankan aplikasi tanpa konektivitas internet. Namun, Google menjanjikan performa yang disuguhkan aplikasi tersebut tidak terganggu akibat penggunaan meski tidak didukung oleh konektivitas jaringan internet.

Sistem operasi Android Go ini juga disebut hanya kompatibel dengan perangkat dengan dukungan RAM 1GB. Saat ini Google mencatat terdapat dua miliar perangkat Android aktif, dan diyakini akan bertambah sebanyak dua miliar perangkat baru di masa mendatang.

Karenanya, Google mengajak pengembang untuk mulai menyesuaikan aplikasi untuk miliaran pengguna dan calon pengguna.

Sebab Google berencana untuk meluncurkan Android Go dalam waktu beberapa bulan mendatang. Selain itu, Google juga menghadirkan dukungan lain bagi pengembang melalui kehadiran tombol Try Now.

Kehadiran fitur pada Google Play Store memungkinkan calon pengguna untuk mencoba aplikasi sebelum mengunduhnya secara lengkap. Kehadiran fitur ini ditujukan Google guna mendukung upayanya dalam menghadirkan aplikasi yang sesuai pada waktu yang tepat.


(MMI)