Broadcom Tertarik Beli Qualcomm Rp1,078 Triliun?

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 04 Nov 2017 12:29 WIB
teknologi
Broadcom Tertarik Beli Qualcomm Rp1,078 Triliun?
Qualcomm merupakan salah satu pemain utama di bidang industri semikonduktor untuk perangkat mobile

Metrotvnews.com: Perusahaan semikonduktor Broadcom dilaporkan tertarik mengakuisisi Qualcomm.

Tidak tanggung-tanggung, nilai akuisisi yang ditawarkan dikatakan mencapai USD80 miliar atau sekitar Rp1,078 triliun. Menurut Business Insider, laporan ini membuat saham Qualcomm naik hingga 15 persen, sementara saham Broadcom naik 3 persen.

Saat ini Broadcom sedang dalam tahap diskusi dengan tim penasihat keuangannya. Broadcom sendiri memiliki valuasi pasar sebesar USD110 miliar (Rp1,483 triliun), dan baru saja mengumumkan akan memindahkan kantor pusatnya dari Amerika Serikat ke Singapura.

Qualcomm sendiri merupakan perusahaan yang selama ini getol dalam mengembangkan chipset untuk ponsel. Produk Snapdragon merupakan salah satu SoC yang paling diminati di pasar, dan sejauh ini memiliki penguasaan pasar paling besar.

Akuisisi Qualcomm oleh Broadcom tentu akan mengubah suasana industri semikonduktor terutama untuk pasar gadget dan smartphone. Tidak hanya itu, akuisisi tersebut juga bakal menjadi salah satu akuisisi dengan nilai terbesar sepanjang sejarah industri teknologi.

Jika dilakukan sebelum tahun 2018, akuisisi ini akan membuat pasar teknologi AS kembali bergairah. Pasalnya, selama tahun 2017 tidak ada catatan akuisisi yang nilainya sangat besar, berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /