Aplikasi Pesan Android Pasang Integrasi Web

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 11 Feb 2018 14:55 WIB
google
Aplikasi Pesan Android Pasang Integrasi Web
Pembedahan update terbaru Android Messages mengindikasikan sejumlah fitur integrasi.

Jakarta: Android Messages, aplikasi pesan Google, menerima sejumlah update, mengindikasikan hal menarik yang mungkin akan diterimanya di masa depan. Pembedahan aplikasi yang dilakukan oleh Android Police mengindikasikan aplikasi akan segera menerima fitur baru.

Namun, informasi tersebut masih berupa rumor dan belum mendapatkan konfirmasi serta diumumkan secara resmi oleh Google. Fitur pertama yang mungkin akan diterima Messages adalah integrasi dengan web.

Aplikasi ini dikabarkan akan dapat digunakan di PC melalui browser, namun pengguna harus mengintegrasikan ponsel seluler dan komputer terlebih dahulu. Untuk melakukannya, pengguna harus mengunjungi situs pada PC.

Mengunjungi PC ini akan menghadirkan kode QR untuk dipindai dengan smartphone. Pengguna kemudian dapat menggunakan aplikasi Messages seperti biasa, namun melalui antarmuka pengguna versi situs.

Google juga telah mengintegrasikan aplikasi pesan lain miliknya, yaitu Allo, dengan cara serupa, sehingga ide terkait proses integrasi Messages sudah dapat diperkirakan.

Selain itu, terdapat peluang bahwa pengguna akan disuguhi opsi untuk mengetahui komputer yang telah terhubung dengan aplikasi, dan memutuskan hubungan tersebut pada saat yang diinginkan.

Fitur lain yang diperkirakan akan tersedia pada aplikasi Messages adalah integrasi dengan Rich Communication Services (RCS), merupakan protokol pesan baru yang ditujukan untuk menggantikan SMS dan MMS, dan memungkinkan pengiriman pesan foto beresolusi tinggi dan lainnya via data.

Hal ini dinilai sebagai fitur yang seharusnya disediakan oleh operator, dan masih belum diketahui peran yang dimainkan Google dalam skema besar ini. Fitur lain yang akan terintegrasi pada Messages yaitu pengenalan pembayaran yang dilakukan melalui Google Messages.

Pada bulan November lalu, Google menambahkan fitur serupa, memungkinkan pengguna untuk mengirimkan uang via aplikasi Wallet, namun pembayaran pada Messages diperkirakan lebih ditujukan terkait pembayaran pembelian dan bukan mengirimkan uang kepada rekan.

Update tengah dalam proses pengguliran ke pengguna di seluruh dunia, namun juga tersedia di Google Play Store bagi perangkat Android yang tidak sabar menanti penerimaan update aplikasi Messages tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.