Tinder Tanam Algoritma Khusus untuk Para Pencari Jodoh

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 14 Oct 2016 17:06 WIB
aplikasi
Tinder Tanam Algoritma Khusus untuk Para Pencari Jodoh
Tinder memperkenalkan fitur baru, bernama Smart Photor, untuk memaksimalkan potensi menemukan pasangan yang sesuai.

Metrotvnews.com: Tinder memperkenalkan algoritma yang dirancang untuk memaksimalkan potensi pengguna dalam menemukan pasangan sesuai. Algoritma yang diperkenalkan aplikasi kencan yang kembali populer ini disebut dengan nama Smart Photos.

Fitur Smart Photos ini memungkinkan pengguna kembali ke foto miliknya yang telah dilihat pengguna lain, dan mengukur respon pada foto tersebut, yang diperoleh dengan cara mengusap profil ke arah kiri untuk menolak atau ke arah kanan untuk memberi respon suka.

Melalui fitur ini, Tinder akan mengurutkan kembali foto pengguna untuk menampilkan foto yang paling banyak mendapatkan respon positif di urutan awal. Fitur ini dilaporkan berhasil meningkatkan potensi kecocokan selama proses pengujiannya, hingga 12 persen.

Foto profil, dinilai Engadget, berperan penting dalam membantu pengguna mendapatkan respon positif dari pengguna lain, yang memperbesar kesempatan dalam menemukan pasangan yang sesuai. Fitur Smart Photos ini merupakan hasil dari kompetisi hackathon internal.

Fitur ini juga dikembangkan dengan menggandeng sosiologis internal Tinder untuk menganalisa foto yang dapat membantu pengguna mendapatkan respon positif lebih banyak. Analisa ini digunakan Tinder sebagai data dasar algoritma mesin pembelajaran yang digunakan oleh fitur Smart Photos ini.

Sebelumnya, Tinder juga mengumumkan ingin menjadikan aplikasinya ramah untuk pengguna transgender.

Selain itu, perubahan lain juga dihadirkan Tinder pada batasan usia minimal penggunanya, dari 13 tahun menjadi 18 tahun.


(MMI)