Jual Beli Mata Uang Game Jadi Celah Keamanan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 18 Oct 2016 17:21 WIB
cyber security
Jual Beli Mata Uang Game Jadi Celah Keamanan Siber
Ilustrasi. (Wikipedia)

Metrotvnews.com: Tidak ada hukum yang melarang seseorang untuk menjual mata uang dalam game atau in-game currency. Namun, tahukah Anda, dengan melakukan hal itu, secara tidak langsung, Anda membantu mendanai kegiatan para kriminal siber?

Menjual mata uang dalam game merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para kriminal siber untuk mendapatkan uang untuk mendanai berbagai kegiatan kriminal mereka yang lain. Kegiatan itu beragam, seperti menyerang perusahaan atau bahkan server milik pengembang game itu sendiri. 

Menurut Trend Micro, untuk mendapatkan uang dari para pemain game online, para kriminal siber memanfaatkan sifat kompetitif mereka. Para pemain game online, khususnya game MMORPG, biasanya selalu bersaing untuk mendapatkan berbagai item langka dan memperkaya diri dalam game. Mereka tidak segan untuk menghabiskan sejumlah uang untuk membeli mata uang game. Hal inilah yang lalu dimanfaatkan oleh para kriminal siber.

Meskipun biasanya jual-beli mata uang dalam game dilarang oleh pihak pengembang, tapi praktek ini masih banyak ditemukan. Saat ini, situs-situs yang menyediakan mata uang dalam game bahkan semakin menjamur. Selain menjual mata uang dalam game, ada juga pihak yang menawarkan layanan untuk menangkapkan Pokemon dalam game Pokemon Go, game augmented reality yang sempat populer belakangan.

Karena itu, sebaiknya para pemain berhenti membeli mata uang dalam game. Sementara pihak perusahaan diharapkan dapat sadar bahwa para kriminal siber memiliki ladang uang untuk membiayai operasi mereka. Sehingga, sebaiknya mereka membentengi diri dengan sistem keamanan yang kuat.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /