Tren Multikamera Belum Menggiurkan Bagi Realme

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 10 Dec 2018 19:46 WIB
realme
Tren Multikamera Belum Menggiurkan Bagi Realme
Realme mengaku belum tertarik untuk menghadirkan ponsel dengan bekal kamera belakang lebih dari dua.

Jakarta: Ranah kamera smartphone kini tengah dimeriahkan oleh kemunculan ponsel dengan dukungan kamera belakang lebih dari dua. Setelah Samsung, sejumlah produsen lain juga dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat dengan kamera berjumlah banyak.

Disinggung menyoal hal ini pada acara peluncuran Realme U1 di Indonesia, Realme mengaku belum tertarik mengikuti tren dan turut menghadirkan perangkat dengan dukungan kamera dengan kamera belakang berjumlah banyak.

“Tren (smartphone multikamera) sekarang masih belum terlalu masuk ke pasar. Tren sekarang masih dua kamera, karena lebih ditujukan untuk memperoleh efek bokeh yang sempurna,” ujar Managing Director Realme South East Asia Josef Wang.

Selain itu, Product Manager Realme Indonesia Felix Christian menambahkan bahwa kamera ganda masih mumpuni untuk menghasilkan efek bokeh sempurna yang diinginkan oleh konsumen, serta didukung oleh software tambahan.

Sehingga kehadiran kamera dengan lensa berjumlah lebih dari satu dinilai masih belum diperlukan hanya sekadar untuk menghasilkan foto berefek bokeh. Meskipun demikian, Realme mengaku tidak menutup peluang untuk merilis perangkat berkamera lebih dari dua.

Realme menyebut dukungan kamera lebih dari dua ini akan difokuskannya pada perangkat kelas high-end dan tidak akan diluncurkannya dalam waktu dekat. Saat ini, Realme menyebut masih terfokus untuk menghadirkan inovasi pada kamera depan untuk konsumen muda.

Sebagai informasi, saat ini Samsung dan Huawei merupakan produsen yang telah merilis smartphone dengan dukungan kamera belakang lebih dari dua, yaitu pada Samsung Galaxy A7 dan Galaxy A9, serta Huawei P20 Pro, Mate 20 dan Mate 20 Pro. Sedangkan Nokia bersiap merilis kamera berbekal lima kamera belakang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.