Beredar, Penampakan Terbaru Android O

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 19 May 2017 08:20 WIB
google
Beredar, Penampakan Terbaru Android O
Berikut sejumlah fitur yang akan mendukung sistem operasi mobile terbaru Google, yaitu Android O.

Metrotvnews.com: Pada ajang konferensi Google I/O 2017 lalu, Google mengumumkan sejumlah fitur dan fungsionalitas baru yang akan mendukung ekosistem Google pada akhir tahun ini. Salah satunya adalah sistem operasi mobile terbarunya, yatu Android O beta.

Android O beta dirilis beberapa saat setelah pengumuman yang disampaikan pembicara dari Google berlangsung. Sistem operasi ini juga telah tersedia untuk dicoba bagi pengembang yang berminat untuk mengeksplorasinya terlebih dahulu.

Sistem operasi versi beta tersebut berbekal sejumlah fitur baru seperti Picture in Picture dan Dots. Dots merupakan fungsionalitas baru intuitif yang memungkinkan pengguna mengeksplorasi dengan cepat notifikasi tertentuda dari setiap aplikasi.

Fitur lainnya termasuk kemudahan untuk mengakses ke widgets, dengan menekan ikon aplikasi selama beberapa saat. Mengetuk ikon centang pada bagian atas memungkinkan pengguna untuk mengakses widgets aplikasi dan menambahkannya ke home screen.

Ikon dengan huruf “i” akan muncul pada bagian kanan ikon centang , berfungsi untuk membuka panel informasi aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai aspek dari aplikasi tersebut.

Google kembali mengubah desain Quick Settings, dengan menerapkan kombinasi warna abu-abu baru dengan ikon berwarna gelap dan berlatar belakang putih. Sebelumnya Google menggunakan kombinasi warna abu-abu gelap dan hijau kebiruan atau teal.

Fitur Night Light kini juga didukung oleh tuas geser untuk mengaktifkannya dan menyesuaikan intensitas cahayanya. Pengguna juga akan dapat memilih bentuk yang disedia Google, yaitu Squircle, Cylinder, atau Square.

Android O juga berbekal rangkaian emoji baru serta keyboard Gboard yang didukung oleh fitur transliterasi langsung. Fitur transliterasi langsung tersebut saat ini mendukung sejumlah bahasa, memungkinkan pengguna menerjemahkan secara otomatis ke bahasa Sanskrit, Bengali, Manipuri, Malayalam, Mathili dan sebagainya pada pesan teks dalam huruf Latin.


(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /