Surat Indosat Ooredoo Dorong Kemenkominfo Siapkan Formula Tarif

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:36 WIB
telekomunikasi
Surat Indosat Ooredoo Dorong Kemenkominfo Siapkan Formula Tarif
Surat permintaan Indosat Ooredoo mendorong Kemenkominfo menciptakan formulasi batas bawah tarif data operator.

Metrotvnews.com, Jakarta: Permasalahan terkait batas bawah tarif data operator kembali menjadi perbincangan, setelah Indosat Ooredoo melayangkan surat kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Dalam surat yang dilayangkan pada 17 Juli lalu, Indosat Ooredoo meminta dua lembaga pemerintah tersebut untuk membentuk formulasi terkait batas bawah tarif data operator seluler Indonesia.

Sementara itu, surat permintaan Indosat Ooredoo ini diakui Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mendorong rencana Kominfo dalam menghadirkan regulasi terkait dengan lebih cepat.

Rudiantara berkata pihaknya mungkin akan mencari formula atau rumusan, dan selama dia menjadi menteri, dia berkata tidak akan mengeluarkan "floor price" terhadap tarif data itu sendiri. Menurutnya, kompetisi antar perusahaan telekomunikasi tetap harus ada untuk memberikan pilihan bagi masyarakat.

“Regulasi bukan solusi untuk permasalahan soal tarif. Sebab isu regulasi ini lebih cenderung kepada perilaku masing-masing operator yang saling berkompetisi. Sanksi yang lebih sesuai adalah sanksi sosial,” ujar Rudiantara di seminar Nasional Mencari Tarif Data Seluler Ideal, hari ini, Rabu (26/7/17).

Rudiantara juga menyebut telah meminta BRTI untuk secepatnya membuat formulasi, sehingga operator dapat menentukan tarif tersebut. Namun ia meminta formula disosialisasikan kepada masyarakat dalam versi sederhana.

Sementara itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyebut saat ini baru membahas secara internal terkait formula dalam Peraturan Menteri No. 9 Tahun 2008. Namun, saat ini BRTI tengah membahas revisi Peraturan Menteri tersebut, dengan menambahkan data, melengkapi pengaturan terkait SMS dan Voice.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /