Moto Z2 Force Dirilis, Punya Layar Anti-Pecah dan Kamera Belakang Ganda

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Jul 2017 16:23 WIB
lenovomotorola
Moto Z2 Force Dirilis, Punya Layar Anti-Pecah dan Kamera Belakang Ganda
Motorola Moto Z2 Force dirumorkan akan didukung oleh port jack audio 3,5mm.

Metrotvnews.com: Motorola dan empat operator seluler besar di Amerika Serikat resmi mengumumkan Motorola Moto Z2 Force, yang dibekali dengan sejumlah fitur baru seperti kamera belakang ganda dan sensor pemindai sidik jari.

Selain itu, Phone Arena juga melaporkan ponsel cerdas ini didukung oleh chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 835, serta memori internal 64GB. Sementara The Verge menyebutkan, Z2 Force menggunakan Android 7.1 dan akan mendapatkan update Android O yang akan dirilis tahun ini.

Sama seperti tahun lalu, Z2 Force memiliki layar Quad HD AMOLED sebesar 5,5 inci. Selain bodi yang lebih ramping, desain Z2 Force tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Tidak aneh mengingat Motorola harus memastikan ponsel ini tetap kompatibel dengan aksesori MotoMod. Pada ponsel ini, Motorola juga menggunakan aluminium seri 7000 untuk memastikan Z2 Force tahan banting. 

Dengan harga USD720 (Rp9,6 juta), Z2 Force masuk ke dalam kategori ponsel premium. Jika dibandingkan dengan versi tahun lalu, Moto Z2 Force ini memiliki bodi yang lebih ramping. Sayangnya, itu berarti ponsel dari Moto ini memiliki baterai dengan kapasitas lebih kecil, yaitu 2.730 mAh. Sebagai perbandingan, Moto Z Force memiliki baterai berdaya 3.500 mAh. 

Satu fitur yang tidak tersedia pada perangkat versi pasar Amerika Serikat ini adalah jack headphone 3,5mm. Absennya jack headphone tersebut memicu kekecewaan sejumlah pengguna perangkat tersebut. Tidak lama setelah Z2 Force diluncurkan, muncul rumor baru di media sosial Twitter yang menyebut versi internasional dari Moto Z2 Force akan hadir dengan jack headphone 3,5mm dengan dimensi yang lebih tipis.

Selain itu, rumor tersebut juga mengklaim Motorola Moto Z2 Force versi internasional akan didukung RAM 6GB dan memori internal 128GB. Namun, menurut Android Central, pihak manufaktur mengatakan bahwa rumor itu tidak benar dan semua Z2 Force hanya memiliki port USB Type-C untuk audio.

Juru bicara Motorola juga telah mengonfirmasi bahwa rumor itu salah. Lebih lanjut dia mengatakan, Moto Z2 Force memiliki konfigurasi RAM dan memori yang sama, tidak peduli di negara mana ia diluncurkan.

Pada awal Juli lalu, Motorola Indonesia mengumumkan kehadiran Moto Z2 Play untuk konsumen di pasar Indonesia. Untuk pasar Indonesia, Motorola Moto Z2 Play ditawarkan seharga Rp6.499.000, dalam pilihan warna emas dan abu-abu.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.