67% Pendapatan XL Axiata dari Layanan Data

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 01 Aug 2017 09:42 WIB
xltelekomunikasi
67% Pendapatan XL Axiata dari Layanan Data
CEO XL, Dian Siswarini.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL melaporkan mendapatkan pendapatan sebesar Rp5,7 triliun pada kuartal 2 tahun 2017. Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pendapatan per kuartal XL kali ini naik 8 persen. Mereka mengatakan, pendapatan mereka terus tumbuh selama 3 kuartal berturut-turut. 

Sementara keuntungan yang didapatkan mencapai Rp95 miliar, naik 71 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, peningkatan pendapatan ini adalah berkat meningkatnya pendapatan dari layanan data, yang menyumbang 67 persen dari total pendapatan XL.

Hal ini sejalan dengan rencana XL, yang ingin menjadi perusahaan yang fokus pada layanan data. Untuk itu, sejak 2015, operator yang berkantor di Kuningan ini telah menerapkan Agenda Transformasi 3R. Saat ditemui di Oakwood, Senin, (31/7/2017), Dian menjelaskan, XL sadar ada konsekuensi dari keputusan XL untuk fokus sebagai perusahaan penyedia layanan data.

"Kita harus mengakselerasi migrasi dari legacy service ke data service, lebih cepat dari industri. Akibatnya, pengurangan pendapatan dari legacy service terjadi lebih cepat dari operator lain. Tapi, di sisi lain, penetrasi penggunaan data juga menjadi lebih cepat," ujar Dian. Legacy service yang dimaksud oleh Dian adalah layanan voice atau panggilan telepon dan suara.

Untuk mendorong pertumbuhan layanan data, XL juga melakukan perluasan jaringan 4G secara besar-besaran. Per bulan Juni lalu, XL telah menjangkau 288 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Dari 93.507 BTS yang XL miliki, hampir 14 ribu di antaranya merupakan BTS 4G, dengan lebih dari 42 ribu BTS merupakan BTS 3G. 

Dengan perluasan layanan ini, maka XL mencatat peningkatan trafik hingga 3 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara untuk trafik 4G, terdapat peningkatan hingga 13 kali lipat dari semester satu 2016. Selain itu, pelanggan data XL juga meningkat, menjadi 35,3 juta, yang merupakan 70 persen dari total 50,5 juta total pelanggan XL.  


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.