YouTube Tingkatkan Performa Streaming

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 06 Sep 2017 22:20 WIB
youtube
YouTube Tingkatkan Performa Streaming
YouTube hadirkan fitur baru untuk fungsi livestreaming pada update untuk aplikasinya.

Metrotvnews.com: YouTube mengumumkan sejumlah fitur baru dan perubahan yang digulirkannya pada fungsi livestream, termasuk pengurangan latensi dan moderasi percakapan lebih sederhana.

Fitur dan perubahan tersebut ditujukan untuk menjadikan YouTube Live sebagai fitur lebih fungsional dan efisien bagi pengguna. Engadget melaporkan, update tersebut menghadirkan opsi untuk mengaktifkan kemampuan latensi sangat rendah.

Kemampuan ini akan menurunkan latensi video streaming selama beberapa detik. Hal ini akan berguna saat menjawab pertanyaan saat menjalankan siaran langsung.

YouTube juga membekali update tersebut dengan kemampuan menjadikan aktivitas moderasi percakapan menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Pengguna dapat menghentikan feed percakapan selama beberapa saat dengan menekan "alt/option" dan mengarahkan kursor ke psan untuk menghapus atau memberikan persetujuan.

Pelaku siaran langsung juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk meninjau pesan yang masuk dan menghapus pesan yang dinilai kurang pantas. Sistem yang digunakan YouTube akan memperlajari preferensi pengguna guna membantu mengidentifikasi pesan yang akan diunggah sebelum pengguna dapat memutuskan untuk memberikan persetujuan, menyembunyikan atau melaporkannya.

YouTube juga memperkenalkan daftar pengguna tersembunyi yang dapat dibagikan antara moderator dan di seluruh percakapan secara langsung atau melalui kolom komentar, serta kemampuan untuk menyiarkan konten secara langsung ke aplikasi YouTube utama dari iPhone atau iPad dari aplikasi yang mendukung Apple ReplayKit.

Seluruh fitur yang diumumkan YouTube tersebut telah dirilis dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna jejaring sosialnya. Sementara itu, di acara Google for Indonesia 2017 pada akhir Agustus lalu, Google menyebutkan bakal memboyong aplikasi YouTube versi ringan, YouTube Go ke pasar Indonesia.

YouTube juga baru-baru ini menambahkan bagian "breaking News" yang secara khusus menampilkan video berita terbaru pada platform-nya, dan tersusun secara horizontal. Berbeda dengan video yang biasa muncul pada YouTube saat masuk dalam akun, video berita yang ditampilkan akan didasarkan pada lokasi pengguna berada.


(MMI)