Penjualan iPad Naik 15%

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:23 WIB
apple
Penjualan iPad Naik 15%
Penjualan iPad naik 15 persen, meski penjualan iPhone hanya naik 1,5 persen.

Metrotvnews.com: Apple mengumumkan laporan keuangannya untuk Q3. Biasanya, dalam periode ini, penjualan produk Apple kurang baik, tapi tidak begitu dengan kuartal kali ini.

Selain mendapatkan pendapatan sebesar USD45.5 miliar (Rp606,6 triliun) selama 3 bulan belakangan, Apple juga berhasil menjual 41 juta iPhone dan 11,4 juta iPad. Itu artinya, penjualan iPhone naik 1,5 persen sementara penjualan iPad naik 15 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut Engadget, ini merupakan pertama kalinya penjualan iPad naik sejak tahun 2013. Selama ini, pasar iPad dan tablet terlihat lesu. Namun, kuartal ini, penjualan iPad justru naik. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh peluncuran 2 iPad Pro baru dengan harga yang lebih terjangkau. Sayangnya, Apple tidak menjelaskan apakah kenaikan penjualan iPad ini berkat versi berharga terjangkau yang mereka tawarkan. 

Fakta bahwa penjualan iPhone stagnan bukanlah hal yang mengherankan. Pada kuartal lalu, CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa begitu banyaknya laporan tentang iPhone yang akan datang membuat banyak orang memilih untuk menunggu peluncuran iPhone baru daripada membeli iPhone sekarang. 



Penjualan Mac masih stagnan pada angka 4,3 juta unit. Terlihat jelas masyarakat tidak terlalu tertarik dengan komputer baru yang Apple tawarkan dalam WWDC. Namun, Apple belum meluncurkan produk unggulannya. Angka penjualan ini mungkin akan naik begitu Apple merilis iMac Pro baru di tahun ini. 

Biasanya, laporan keuangan di Q3 memang tidak terlalu hebat, mengingat banyak orang memilih untuk menunggu peluncuran produk-produk baru pada September. Meskipun begitu, Apple tetap bisa berbangga diri karena pendapatan mereka dari layanan -- seperti iTunes, pembelian di App Store, Apple Music, iCloud dan lain sebagainya -- mengalami kenaikan.

Secara keseluruhan, pendapatan dari layanan Apple naik 22 persen dari tahun lalu, menjadi USD7.26 miliar (Rp96,8 triliun). CFO Apple, Luca Maestri mengatakan, Apple Music dan iCloud merupakan 2 divisi yang menunjukkan pertumbuhan yang pesat. 

Apple juga mendapatkan keuntungan dari penjualan AirPods, Watches dan lain sebagainya, yang mereka kategorikan sebagai "Other Proctus". Kali ini, mereka mendapatkan USD2.75 miliar (Rp36,7 triliun) dari kategori tersebut. 


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /