Penjualan iPad Naik 15%

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:23 WIB
apple
Penjualan iPad Naik 15%
Penjualan iPad naik 15 persen, meski penjualan iPhone hanya naik 1,5 persen.

Metrotvnews.com: Apple mengumumkan laporan keuangannya untuk Q3. Biasanya, dalam periode ini, penjualan produk Apple kurang baik, tapi tidak begitu dengan kuartal kali ini.

Selain mendapatkan pendapatan sebesar USD45.5 miliar (Rp606,6 triliun) selama 3 bulan belakangan, Apple juga berhasil menjual 41 juta iPhone dan 11,4 juta iPad. Itu artinya, penjualan iPhone naik 1,5 persen sementara penjualan iPad naik 15 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut Engadget, ini merupakan pertama kalinya penjualan iPad naik sejak tahun 2013. Selama ini, pasar iPad dan tablet terlihat lesu. Namun, kuartal ini, penjualan iPad justru naik. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh peluncuran 2 iPad Pro baru dengan harga yang lebih terjangkau. Sayangnya, Apple tidak menjelaskan apakah kenaikan penjualan iPad ini berkat versi berharga terjangkau yang mereka tawarkan. 

Fakta bahwa penjualan iPhone stagnan bukanlah hal yang mengherankan. Pada kuartal lalu, CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa begitu banyaknya laporan tentang iPhone yang akan datang membuat banyak orang memilih untuk menunggu peluncuran iPhone baru daripada membeli iPhone sekarang. 



Penjualan Mac masih stagnan pada angka 4,3 juta unit. Terlihat jelas masyarakat tidak terlalu tertarik dengan komputer baru yang Apple tawarkan dalam WWDC. Namun, Apple belum meluncurkan produk unggulannya. Angka penjualan ini mungkin akan naik begitu Apple merilis iMac Pro baru di tahun ini. 

Biasanya, laporan keuangan di Q3 memang tidak terlalu hebat, mengingat banyak orang memilih untuk menunggu peluncuran produk-produk baru pada September. Meskipun begitu, Apple tetap bisa berbangga diri karena pendapatan mereka dari layanan -- seperti iTunes, pembelian di App Store, Apple Music, iCloud dan lain sebagainya -- mengalami kenaikan.

Secara keseluruhan, pendapatan dari layanan Apple naik 22 persen dari tahun lalu, menjadi USD7.26 miliar (Rp96,8 triliun). CFO Apple, Luca Maestri mengatakan, Apple Music dan iCloud merupakan 2 divisi yang menunjukkan pertumbuhan yang pesat. 

Apple juga mendapatkan keuntungan dari penjualan AirPods, Watches dan lain sebagainya, yang mereka kategorikan sebagai "Other Proctus". Kali ini, mereka mendapatkan USD2.75 miliar (Rp36,7 triliun) dari kategori tersebut. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.