Google Tarik YouTube dari Amazon Echo Show

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 28 Sep 2017 09:54 WIB
youtubegoogleamazon
Google Tarik YouTube dari Amazon Echo Show
Google memutuskan untuk menghilangkan YouTube dari speaker cerdas Amazon, Amazon Echo Show.

Metrotvnews.com: Google seolah tengah menghukum Amazon akibat menciptakan pesaing utama untuk Google Assistant. Google memutuskan untuk menghilangkan dukungan YouTube dari platform di speaker cerdas berlayar 7 inci karya Amazon, yaitu Amazon Echo Show.

Phone Arena melaporkan, Amazon mengungkapkan kekecewaannya terkait keputusan Google tersebut. Dalam pernyataannya, Amazon menyebut Google menghapus layanan streaming dari Echo Show tanpa pemberitahuan atau penjelasan kepada pemilik perangkat.

Selain itu, Amazon juga menambahkan bahwa tidak ada alasan teknis yang mendukung keputusan Google tersebut. Keputusan Google dinilai Amazon tidak hanya mengecewakan perusahaan, tapi juga melukai pelanggan raksasa e-commerce tersebut.

Sementara itu, Google menyebut penggunaan YouTube oleh Amazon pada Amazon Echo Show telah melanggar peraturan layanannya dan menciptakan pengalaman pengguna yang tidak menyenangkan. Google berharap dapat mencapai kesepakatan untuk dapat segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sejumlah spekulasi yang beredar menyebut Google tidak puas dengan kegagalan Echo Show dalam menawarkan dua fitur yang tersedia pada implementasi YouTube lainnya. Dua fitur tersebut adalah autoplay dan kemampuan untuk berlangganan pada saluran. Sebelumnya dihapus, Echo Show menawarkan layanan berita video, stream Amazon Video dan YouTube.

Asisten virtual Amazon, Alexa, telah menjadi bintang sepanjang tahun 2017, dan dapat ditemukan berdampingan dengan Google Assistant di perangkat seperti HTC U11 dan Huawei Mate 9. Selain itu, terintegrasi dengan Amazon turut mendukung kemudahan dalam melakukan aktivitas berbelanja yang disuguhkan oleh Alexa.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.