Sambut Coffee Lake, ASUS Siapkan Jajaran Motherboard Z370

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 30 Sep 2017 16:02 WIB
asus
Sambut Coffee Lake, ASUS Siapkan Jajaran Motherboard Z370
Jajaran motherboard ASUS Z370

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Intel sudah resmi mengumumkan prosesor Intel Core generasi terbaru yaitu Coffee Lake. Prosesor tersebut agak berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu Skylake dan Kaby Lake di beberapa aspek, salah satunya adalah penggunaan motherboard.

Sesuai dengan rumor yang beredar, prosesor Coffee Lake tidak bisa digunakan di motherboard seri sebelumnya, yaitu Intel 200 dan 100 Series. Prosesor tersebut memerlukan motherboard Intel 300 Series untuk beroperasi. Namun ASUS sudah mengantisipasi hal tersebut dan sudah menyiapkan sederet motherboard baru yang bakal hadir untuk Coffee Lake.

Di acara ASUS APAC Technical Seminar yang digelar hari Selasa (26/9/2017) kemarin, ASUS memperkenalkan empat varian motherboard yang menggunakan chipset Z370. Empat varian tersebut adalah ASUS ROG Z370, STRIX Z370, TUF GAMING Z370, dan Z370 PRIME. Keempatnya memiliki posisi "kasta" yang berbeda dengan ROG di paling atas, menyusul STRIX, lalu TUF GAMING sejajar dengan PRIME.



Ada beberapa hal yang berubah di motherboard ASUS Z370 kali ini. Pihak ASUS mengatakan perubahan tersebut pada dasarnya berasal dari platform Coffee Lake itu sendiri karena prosesornya kini hadir dengan jumlah core yang lebih banyak. Untuk itulah ada beberapa komponen yang harus disesuaikan, termasuk penggunaan VRM.

Selain itu, ASUS juga menghadirkan beberapa fitur baru di motherboard anyarnya kali ini. Fitur tersebut salah satunya adalah OptiMem yang diklaim bisa mengoptimalkan kinerja memori yang digunakan di motherboard ASUS Z370. Teknologi OptiMem bekerja dengan tiga fondasi utama, yaitu meningkatkan stabilitas, kompabilitas, dan performa.



OptiMem bekerja dengan menstabilkan sinyal pada jalur komunikasi RAM dengan prosesor. Melalui jalur khusus tersebut, sinyal data bisa ditransmisikan dengan lebih baik sehingga bisa meningkatkan performa secara keseluruhan.

Teknologi lainnya adalah M.2 Heatsink yang dapat menjaga suhu M.2 SSD pada motherboard ini. Heatsink tersebut dikatakan telah dirancang dengan khusus sehingga M.2 SSD bisa selalu bekerja di suhu optimal.

Beberapa model motherboard Z370 juga dilengkapi dengan Livedash OLED yang juga terdapat di beberapa motherboard X299 dan X399 ASUS. Bedanya, kali ini layarnya lebih besar dan lebih terang. Livedash OLED juga bisa digunakan untuk menampilkan pesan error ketika terjadi masalah pada motherboard.



Jajaran motherboard Z370 ini bakal segera hadir ketika Intel sudah merilis prosesor Coffee Lake di pasar. Mereka juga akan hadir untuk pasar Indonesia.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.