Bukan AOV, Ini Game Mobile Terpopuler di Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 01 Oct 2017 15:25 WIB
aplikasi
Bukan AOV, Ini Game Mobile Terpopuler di Indonesia
Cheetah Mobile Inc menyebutkan bahwa aplikasi mobile seperti transportasi online, e-commerce, dan game bergenre

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia menjadi pasar besar untuk pengembang aplikasi digital, sebab pengguna smartphone di Indonesia jumlahnya sedang banyak sebanding dengan populasinya. Cheetah Mobile melakukan riset aplikasi digital yang paling digemari di Indonesia untuk beberapa kategori.

Pada hasil riset bertema "The Heating Up of The Mobile Marketing Space in Indonesia" yang dipaparkan dalam acar Global Mobile Internet Conference di Jakarta beberapa waktu lalu disebutkan beberapa kategori aplikasi terpopuler di Indonesia. Mulai dari e-commerce, tranportasi online, live streaming, gaming dan media sosial. 

Berdasarkan data dari divisi big data Cheetah Mobile, disebutkan bahwa aplikasi transportasi online mengalami pertumbuhan yang paling luar biasa di Indonesia. Go-Jek sebagai unicorn memimpin pasar dengan 6,61 persen pengguna aktif mingguan, disusul Grab dengan 6,44 persen dan Uber yang hanya 1,70 persen.

Aplikasi e-commerce juga menjadi aplikasi yang paling sering diaskes dari smartphone. Hasil riset menunjukkan bahwa terjadi penigkatan luar biasa selama 5 tahun terakhir. Shopee menduduki peringkat pertama dengan 3,99 persen. Di posisi kedua ada Lazada 3,74 persen dan Tokopedia 3,26 persen.

Kebanyakan pengakses aplikasi e-commerce tersebut menggunakan tiga jenis brand smartphone, seperti Samsung yang mendominasi di angka 36,6 persen pengguna, ASUS 19,44 persen, dan Xiaomi 9,83 persen.

Kategori lainnya yaitu aplikasi gaming yang di Indonesia memang sedang sangat populer dan menjadi pendukung Indonesia di pasar game global, salah satunya di kategori mobile gaming. Di Indonesia, game mobile jenis multiplayer online battle arena tengah ramai, hampir setiap studio game merilis game tersebut.

Namun, di peringkat satu tetap diduduki oleh Clash of Clans, dan posisi kedua diisi oleh game genre MOBA Mobile Legends: Bang Bang. Kompetitornya, Vainglory maupun Arena of Valor sama sekali tidak masuk dalam daftar 10 aplikasi mobile game terpopuler di Indonesia.

Posisi ke tiga diisi oleh game Ludo King, disusul secara berturut-turut Piano Tiles 2, Subway Surfer, Minecraft: Pocket Edition, Clash Royale, 8 Ball Pool, Pou, dan terakhir Candy Crush Saga.

Unutk kategori aplikasi media sosial dan tool, peringkat satu diduduki oleh WhatsApp kemudian Youtube, dan disusul oleh BBM, Instagram, Google, Facebook, Chrome, Line, Google Play Services, dan Messenger.

Kategori lainnya seperti aplikasi live streaming, Bigo Live menjadi yang paling terpopuler, disusul Live.me, Nonolive, 17, dan Voov.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.