Drone Malah Sering Dipakai untuk Selundupkan Narkoba ke Penjara

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 19 Jun 2017 12:40 WIB
drone
Drone Malah Sering Dipakai untuk Selundupkan Narkoba ke Penjara
Ilustrasi.

Metrotvnews.com: Lebih dari belasan kali, drone digunakan untuk menerbangkan barang terlarang ke penjara dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Dari berbagai laporan yang ada, terbukti bahwa kegiatan penyeludupan menggunakan drone cukup sering terjadi. Dokumen Departemen Keadilan menunjukkan bahwa ada banyak usaha untuk menyeludupkan ponsel, narkoba dan konten porno ke penjara. Namun, jumlah penyelundupan yang sukses dalam dokumen tersebut lebih sedikit dari kemungkinan kegiatan penyelundupan yang berhasil dilakukan, lapor The Verge.

Penyelundupan menggunakan drone ini tidak hanya terjadi di Amerika Serikat, tapi juga di negara-negara lain, terbukti dari adanya berbagai laporan media lokal dalam beberapa tahun belakangan. Pada 2014, polisi di Australia mengatakan bawha sebuah drone dimanfaatkan dalam operasi penyelundupan narkoba yang terencana.

Dalam tahun yang sama, ada kegiatan serupa di South Carolina. Namun, drone itu jatuh ketika berusaha untuk menyelundupkan ganja. Pada 2015, paket narkoba yang diantarkan menggunakan drone membuat para tahanan saling bertarung di Ohio. Di tahun tersebut, juga terjadi kejadian lain, yaitu tertangkapnya 2 orang karena berusaha untuk menyelundupkan barang terlarang ke penjara menggunakan drone

Badan berwajib kini mulai memikirkan rencana untuk mengatasi masalah ini. Pada bulan April lalu, Inggris mengumumkan keberadaan tim baru untuk menghadapi masalah ini. Sementara Biro Penjara Amerika Serikat telah meminta teknologi yang bisa digunakan untuk menghentikan drone yang ada di dekat penjara. 

Sulit untuk menghitung berapa tepatnya kasus penyelundupan menggunakan drone ini. Namun, terlihat jelas bahwa kegiatan ini menghasilkan uang yang cukup besar. Dalam sebuah kasus, jaksa penuntut mengatakan, seorang penyelundup akan mendapatkan USD6 ribu (Rp80 juta) per transaksi. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /