Kecepatan Internet Galaxy S9 Bisa Capai 1,2Gbps

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 01 Aug 2017 10:57 WIB
samsung
Kecepatan Internet Galaxy S9 Bisa Capai 1,2Gbps
Samsung punya modem baru untuk prosesor mobile.

Metrotvnews.com: Smartphone berikutnya dari Samsung mungkin akan memiliki kecepatan mengunduh lebih cepat.

Perusahaan asal Korea Selatan itu baru mengumumkan bahwa modem LTE untuk prosesor Exynos terbaru mereka sudah mendukung hingga 6 carrier aggregation (6CA). Itu artinya, secara teori, modem tersebut akan bisa mengunduh hingga kecepatan 1,2Gbps. 

Carrier aggregation adalah metode untuk meningkatkan kecepatan LTE dengan menggunakan beberapa frekuensi secara bersamaan, yang akan meningkatkan kecepatan bandwidth. Seperti yang disebutkan oleh The Verge, semakin banyak frekuensi yang bsia digunakan, semakin tinggi pula kecepatan mengunduh, setidaknya secara teori. 

Prosesor Exynos 9, yang digunakan pada Galaxy S8, sudah mendukung 5 carrier aggregation. Hal ini menjadikan smartphone premium Samsung itu sebagai yang pertama dengan kecepatan mengunduh hingga 1Gbps.

Meskipun begitu, penerus dari smartphone tersebut bisa memiliki kecepatan 20 persen lebih tinggi karena penggunaan teknologi baru. Tentu saja, setelah Samsung melengkapi ponselnya dengan teknologi 6CA, ia baru bisa digunakan hanya jika operator telekomunikasi juga mengaktifkan fitur yang sama.

Pada awal tahun ini, operator telekomunikasi Amerika Serikat, seperti Sprint, baru mendukung hingga 3 carrier aggregation. Tampaknya potensi penuh modem buatan Samsung tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. 

Samsung berencana untuk mulai memproduksi prosesor dengan modem baru ini pada akhir tahun. Kemungkinan besar, prosesor tersebut akan mulai digunakan pada smartphone Galaxy S9 yang diluncurkan tahun depan. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.