Facebook Semakin Gencar Hantam Clickbait

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 May 2017 10:22 WIB
media sosialfacebook
Facebook Semakin Gencar Hantam Clickbait
Facebook terus mengubah algoritma mereka untuk melawan clickbait. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com: Facebook akan melakukan perubahan pada algoritma lini masa yang bertujuan untuk mengurangi konten clickbait -- konten online dengan judul penuh sensasi yang membuat pembaca merasa tertipu setelah membaca seluruh artikel -- di jejaring sosialnya.

Langkah ini merupakan lanjutan dari perubahan yang Facebook lakukan tahun lalu. Ketika itu, Facebook berusaha untuk membatasi penyebaran konten clickbait dan memberikan hukuman pada kreator konten yang membuat judul clickbait.

Kini, Facebook berkata, mereka akan menargetkan clickbait berdasarkan konten dan bukannya berdasarkan Page. Sama seperti sebelumnya, Facebook menentukan apakah sebuah konten clickbait berdasarkan 2 hal yaitu apakah judul melebih-lebihkan informasi atau menyembunyikan informasi, lapor The Verge.

"Orang-orang mengatakan, mereka tidak suka dengan konten yang menyesatkan, sensasional atau seperti spam," tulis teknisi Facebook, Arun Babu, Annie Liu dan Jordan Zhang dalam sebuah blog post. "Termasuk judul clickbait yang didesain untuk menarik perhatian dan meningkatkan pengunjung dengan mengklik sebuah situs."

"Dalam usaha untuk membuat komunitas yang cerdas, kami akan terus berusaha untuk menentukan konten apa yang memiliki judul clickbait sehingga kami bisa mengurangi jumlahnya." Selain itu, Facebook juga akan mulai mengurangi konten clickbait yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris. 

Facebook berkata, cara baru mereka ini lebih baik karena mereka melihat kriteria clickbait secara terpisah dan bukannya menentukan apakah sebuah Page atau sebuah konten merupakan clickbait dari akumulasi berbagai faktor.

Mereka berkata, sebagian besar Page tidak melakukan hal ini, karena itu, trafik mereka seharusnya tidak berkurang. Namun, Page yang menggunakan taktik clickbait akan melihat adanya penurunan trafik.

Langkah ini serupa dengan perubahan yang mereka lakukan tahun lalu. Keputusan ini merupakan bagian dari usaha Facebook untuk membersihkan media sosial mereka, terutama setelah maraknya berita palsu dan spam dalam pemilu AS tahun lalu.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.