Facebook Semakin Gencar Hantam Clickbait

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 May 2017 10:22 WIB
media sosialfacebook
Facebook Semakin Gencar Hantam Clickbait
Facebook terus mengubah algoritma mereka untuk melawan clickbait. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com: Facebook akan melakukan perubahan pada algoritma lini masa yang bertujuan untuk mengurangi konten clickbait -- konten online dengan judul penuh sensasi yang membuat pembaca merasa tertipu setelah membaca seluruh artikel -- di jejaring sosialnya.

Langkah ini merupakan lanjutan dari perubahan yang Facebook lakukan tahun lalu. Ketika itu, Facebook berusaha untuk membatasi penyebaran konten clickbait dan memberikan hukuman pada kreator konten yang membuat judul clickbait.

Kini, Facebook berkata, mereka akan menargetkan clickbait berdasarkan konten dan bukannya berdasarkan Page. Sama seperti sebelumnya, Facebook menentukan apakah sebuah konten clickbait berdasarkan 2 hal yaitu apakah judul melebih-lebihkan informasi atau menyembunyikan informasi, lapor The Verge.

"Orang-orang mengatakan, mereka tidak suka dengan konten yang menyesatkan, sensasional atau seperti spam," tulis teknisi Facebook, Arun Babu, Annie Liu dan Jordan Zhang dalam sebuah blog post. "Termasuk judul clickbait yang didesain untuk menarik perhatian dan meningkatkan pengunjung dengan mengklik sebuah situs."

"Dalam usaha untuk membuat komunitas yang cerdas, kami akan terus berusaha untuk menentukan konten apa yang memiliki judul clickbait sehingga kami bisa mengurangi jumlahnya." Selain itu, Facebook juga akan mulai mengurangi konten clickbait yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris. 

Facebook berkata, cara baru mereka ini lebih baik karena mereka melihat kriteria clickbait secara terpisah dan bukannya menentukan apakah sebuah Page atau sebuah konten merupakan clickbait dari akumulasi berbagai faktor.

Mereka berkata, sebagian besar Page tidak melakukan hal ini, karena itu, trafik mereka seharusnya tidak berkurang. Namun, Page yang menggunakan taktik clickbait akan melihat adanya penurunan trafik.

Langkah ini serupa dengan perubahan yang mereka lakukan tahun lalu. Keputusan ini merupakan bagian dari usaha Facebook untuk membersihkan media sosial mereka, terutama setelah maraknya berita palsu dan spam dalam pemilu AS tahun lalu.


(MMI)

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif
Review Mouse

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif

2 days Ago

Walaupun tidak mirip Level 10M Advanced, Tt eSPORTS Ventus Z adalah mouse¬†juga mengusung …

BERITA LAINNYA
Video /