Google Coba Pemblokir Iklan Terintegrasi di Chrome

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Aug 2017 11:37 WIB
googlechrome
Google Coba Pemblokir Iklan Terintegrasi di Chrome
Google akan menanamkan pemblokir iklan langsung di Chrome.

Metrotvnews.com: Google berencana meluncurkan pemblokir iklan atau ad-blocker yang terintegrasi dalam peramban Chrome tahun depan. Pemblokir iklan ini telah mulai dapat digunakan dalam Chrome Canary untuk Android. Canary merupakan versi percobaan dari Chrome yang belum stabil. 

TechCrunch melaporkan, ad blocker ini bisa ditemukan di aplikasi Chrome Canary terbaru. Orang-orang yang terdaftar sebagai penguji bisa mengunduh versi terbaru dari Chrome Canary dari Google Play untuk mencoba pemblokir iklan ini, lapor The Verge

Memang, sebagian besar pendapatan Google datang dari bisnis iklan mereka. Namun, tampaknya mereka kukuh ingin mengatasi iklan yang mereka anggap mengganggu. Iklan-iklan yang dianggap tidak pantas ditampilkan akan ditentukan oleh grup Coalition for Better Ads, yang terdiri dari Google, Facebook, News Corp dan The Washington Post

Keputusan Google untuk mengintegrasikan pemblokir iklan ke dalam Chrome mungkin akan memancing debat terkait kendali Google atas internet dan iklan yang ada di dalamnya. Pengujian yang dilakukan oleh Google ini akan dapat membantu perusahaan internet raksasa itu untuk mendapatkan masukan. 

Saat ini, masih belum diketahui kapan ad blocker ini akan muncul dalam versi beta atau versi akhir dari Chrome. Namun, biasanya, ketika fitur baru muncul di Canary, masih diperlukan waktu beberapa bulan sebelum fitur tersebut muncul dalam versi akhir. 

Kabar tentang rencana Google untuk membuat pemblokir iklan telah muncul sejak awal bulan Juni lalu. Ketika itu dijelaskan, Google tidak akan memblokir semua iklan yang ada, tapi hanya memblokir iklan yang dianggap mengganggu. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.