Google Coba Pemblokir Iklan Terintegrasi di Chrome

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Aug 2017 11:37 WIB
googlechrome
Google Coba Pemblokir Iklan Terintegrasi di Chrome
Google akan menanamkan pemblokir iklan langsung di Chrome.

Metrotvnews.com: Google berencana meluncurkan pemblokir iklan atau ad-blocker yang terintegrasi dalam peramban Chrome tahun depan. Pemblokir iklan ini telah mulai dapat digunakan dalam Chrome Canary untuk Android. Canary merupakan versi percobaan dari Chrome yang belum stabil. 

TechCrunch melaporkan, ad blocker ini bisa ditemukan di aplikasi Chrome Canary terbaru. Orang-orang yang terdaftar sebagai penguji bisa mengunduh versi terbaru dari Chrome Canary dari Google Play untuk mencoba pemblokir iklan ini, lapor The Verge

Memang, sebagian besar pendapatan Google datang dari bisnis iklan mereka. Namun, tampaknya mereka kukuh ingin mengatasi iklan yang mereka anggap mengganggu. Iklan-iklan yang dianggap tidak pantas ditampilkan akan ditentukan oleh grup Coalition for Better Ads, yang terdiri dari Google, Facebook, News Corp dan The Washington Post

Keputusan Google untuk mengintegrasikan pemblokir iklan ke dalam Chrome mungkin akan memancing debat terkait kendali Google atas internet dan iklan yang ada di dalamnya. Pengujian yang dilakukan oleh Google ini akan dapat membantu perusahaan internet raksasa itu untuk mendapatkan masukan. 

Saat ini, masih belum diketahui kapan ad blocker ini akan muncul dalam versi beta atau versi akhir dari Chrome. Namun, biasanya, ketika fitur baru muncul di Canary, masih diperlukan waktu beberapa bulan sebelum fitur tersebut muncul dalam versi akhir. 

Kabar tentang rencana Google untuk membuat pemblokir iklan telah muncul sejak awal bulan Juni lalu. Ketika itu dijelaskan, Google tidak akan memblokir semua iklan yang ada, tapi hanya memblokir iklan yang dianggap mengganggu. 


(MMI)

Video /