Intel Coffe Lake Tidak Kompatibel dengan Motherboard Kaby Lake?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 04 Aug 2017 13:15 WIB
intel
Intel Coffe Lake Tidak Kompatibel dengan Motherboard Kaby Lake?
Coffee Lake dikabarkan tidak akan kompatibel dengan motherboard Kaby Lake (foto: PC GAMER)

Metrotvnews.com: Berita yang cukup mengecewakan datang dari Intel baru-baru ini. Prosesor Intel Core generasi ke-8 atau Coffee Lake yang kabarnya bakal dirilis dalam waktu dekat kemungkinan tidak akan kompatibel dengan motherboard Kaby Lake seri 200 yang ada saat ini.

Hal tersebut baru saja diungkapkan oleh produsen motherboard ASRock. Melalui akun Twitter resminya, ASRock mengatakan prosesor Coffee Lake tidak akan kompatibel dengan motherboard Kaby Lake.

Menurut PC GAMER, pernyataan tersebut muncul setelah salah satu pengguna Twitter bernama Evan Jensen menanyakan apakah Coffe Lake bisa dijalankan di motherboard ASRock Z270 Supercarrier. Menanggapi hal tersebut ASRock mengatakan Coffee Lake tidak akan kompatibel dengan motherboard seri 200. Sayangnya, cuitan tanggapan dari ASRock tampak sudah dihapus.

Meski demikian, TomsHardware mengklaim mendapatkan informasi yang serupa dari salah satu perwakilan ASRock. Ia mengatakan jajaran prosesor Coffee Lake memang tidak akan bisa digunakan di motherboard Intel yang ada saat ini.

Hal tersebut memang menimbulkan pertanyaan besar, apakah Intel akan menggunakan socket CPU baru untuk Coffee Lake? Hal tersebut memang masih belum dikonfirmasi hingga saat ini, dan Intel masih belum angkat bicara mengenai rumor prosesor Coffee Lake yang beredar.

Ada kemungkinan juga ASRock mendapatkan informasi yang keliru mengenai Coffee Lake, sehingga sebelum Intel angkat bicara informasi ini masih sebatas rumor.

Rumor ini sudah cukup membuat Intel semakin terpojok karena pesaingnya, yaitu AMD, memiliki jajaran prosesor Ryzen dengan platform AM4 yang diklaim tidak akan berganti socket setidaknya hingga tahun 2020.


(MMI)

Video /