Snapdragon 670 Ikut Adopsi Teknologi 10nm?

Mohammad Mamduh    •    Senin, 04 Sep 2017 08:39 WIB
qualcomm
Snapdragon 670 Ikut Adopsi Teknologi 10nm?
Snapdragon 670 bakal adopsi teknologi yang sama dengan Snapdragon 845

Metrotvnews.com: Qualcomm telah menggunakan pabrikasi 10nm untuk prosesor mobile paling caggih mereka saat ini, Snapdragon 835.

Sementara rumor terakhir menyebutkan Snapdragon 845 akan menerapkan teknologi yang sama, muncul kabar lain yang menyebutkan Qualcomm juga akan memasangnya untuk kelas menegah Snapdragon 670. Sejauh ini, Snapdragon 670 disebutkan memiliki delapan inti prosesor, dengan arsitektur 10nm yang diklaim lebih hemat energi berkat teknologi LPP (Low Power Plus).

Teknologi ini terpasang dalam enam inti prosesor, dengan sisa dua inti prosesor Kryo 360 yang akan memberikan performa kencang ketika perangkat membutuhkannya. Informasi tambahan, seperti yang dikutip dari Wccftech, Kryo 360 adalah inti prosesor yang bakal dipasang pertama kali untuk Snapdragon 845.

Belum ada spesifikasi yang lebih rinci untuk Kryo 360, tetapi sejauh ini tampaknya Qualcomm bakal memasang DynamicIQ, teknologi terbaru dari ARM yang diklaim sebagai penerus big.LITTLE. DynamicIQ bisa memberikan efisiensi daya yang lebih baik dan membuat suhu prosesor lebih dingin.

Penggunaan 10nm di Snapdragon 670 akan menjadi jembatan jajaran prosesor mobile kelas menengah untuk menerapkan teknologi yang lebih canggih. Dengan begitu, ponsel di kelas ini juga bisa mempunyai kemampuan mendeteksi wajah.

Biasanya, langkah yang Qualcomm ambil ini akan diikuti oleh pesaing lainnya. Setelah itu akan muncul jajaran ponsel kelas menengah generasi berikutnya yang menawarkan berbagai fitur ponsel premium saat ini. Konsumen akan melihat perubahan harga yang ditawarkan untuk ponsel tersebut, apakah cenderung lebih mahal atau malah semakin murah.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.